PROFIL PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS VIII SMPK MARSUDIRINI DETUSOKO

Authors

  • Marianus Patrisius Rangga Universitas Flores
  • Adrianus Nasar Universitas Flores
  • Melkyanus Bili Umbu Kaleka Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1029

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pembelajaran IPA siswa kelas VIII SMPK Marsudirini Detusoko tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 32 orang siswa kelas VIII. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis inkuiri pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner, dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA siswa kelas VIII SMP Marsudirini Detusoko berdasarkan tiga indikator pembelajaran termasuk dalam kategori baik, dengan tiga tahapan pembelajaran yang dinilai adalah; 1) persiapan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, dan , 3) hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Pembelajaran IPA, Inkuiri, Hasil Belajar

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Oktarina Puspita Wardani. (2013). Model dan Metode Pembelajaran. In Unissula press.

Arikunto, S. (2011). Penilaian & Penelitian Bidang Bimbingan dan Konseling. In Yogyakarta: Aditya Media.

Azis, A. (2016). PENGARUH KETERAMPILAN MEMBUKA PELAJARAN TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR. Journal of Educational Science and Technology (EST). https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2560

Deno, M. E., Bili, M., Kaleka, U., Harso, A., Studi, P., Fisika, P., & Keguruan, F. (2020). AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS FLORES PADA MASA PANDEMIK CORONA VIRUS DISEASE 19. OPTIKA: Jurnal Pendidikan FisikaJurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110–116. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.702

Festiawan, R. (2020). Belajar dan Pendekatan Pembelajaran. 2020.

Hakim, L. (2017). ANALISIS PERBEDAAN ANTARA KURIKULUM KTSP DAN KURIKULUM 2013. Jurnal Ilmiah Didaktika. https://doi.org/10.22373/jid.v17i2.1644

Kaleka, M. B. U., & Elly, H. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Bebas Terhadap Prestasi Belajar Dan Karakter Siswa Kelas Ix. Jurnal Dinamika Sains, 2(1), 50–55. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v2i1.162

Kaleka, M. B. U., Ika, Y. E., & Deno, M. E. (2020). Stusi Kasus Manajemen Sistem Pembelajaran Google Classroom Pada Perkuliahan Alat Ukur Fisika. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 159–164. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/6022

Kaleka, M., & Ika, Y. E. (2018). Developing the Character-Based Students Worksheet of Science with Inquiry Model for Students of Grade IX Literature Study Field Study Planning and drafting the LKS Small Trial Test Validation , Revision Writing the LKS completion Big Trial Test Figur. 2(2), 66–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jser.v2i2.22470

Kaleka, M., & Nur, F. D. M. (2018). Experimental-Based Scientific Approach toward the improvement of Science Process Skill and Scientific Attitudes of Grade X Student MAN Ende. Journal of Science Education Research, 2(1), 13–20. https://doi.org/10.21831/jser.v2i1.19328

Khotimah, H., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). KUALITAS GURU MENGAJAR SEBAGAI SALAH SATU UPAYA MENINGKATKAN STATUS AKREDITASI SEKOLAH. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan). https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4102

Kindsvatter, A., & Desmond, K. J. (2013). A Problem-Based Approach to Skill Acquisition and Cognitive Complexity with Pre-Practicum Supervisees. Clinical Supervisor. https://doi.org/10.1080/07325223.2013.846759

Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055

Maswan. (2015). Manajemen peningkatan mutu sekolah. Jurnal Tarbawi.

Nata, N.,& Kaleka, M. B. . (2020). MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN INDIVIDUAL DI SMPN 7 NANGAPANDA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(Juni), 1–8.

Oktaviani, O., Syahrilfuddin, S., & Lazim. N, L. N. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD NEGERI 192 PEKANBARU. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran). https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6306

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi. In Belajar

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & S, M. (2019). 3. pengertian pembelajaran IPA Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship.

Suendarti, M., & Lestari, W. (2020). Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar Guru MIPA dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences. https://doi.org/10.30599/jti.v12i2.612

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal. https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Sumiah, N., Aminuyati, & Khosmas, F. Y. (2013). Analisis keterampilan mengajar guru dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonimi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta, Prestasi Pustaka.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta, PT Bumi Aksara.

Ulfah, A., Rusmansyah, R., & Hamid, A. (2020). Meningkatkan Self-Efficacy Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Project Based Learning Pada Materi Koloid. JCAE (Journal of Chemistry And Education). https://doi.org/10.20527/jcae.v3i3.423

Downloads

Published

2021-06-02

How to Cite

Rangga, M. P., Nasar, A. ., & Kaleka, M. B. U. (2021). PROFIL PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS VIII SMPK MARSUDIRINI DETUSOKO . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 94-103. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1029