PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039Abstract
Tujuan penelitian yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Powerpoint interaktif muatan materi sistem pencernaan manusia kelas V di salah satu Sekolah Dasar daerah Lenteng Agung. Penelitian ini merukapan jenis penelitian pengembanga (Research and Developmen). Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Tahapan penilian ini meliputi Analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek yang digunakan pada penelitian ini meliputi 3 orang validator, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, siswa kelas V Sekolah Dasar berjumlah 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis PowerPoint interaktif sangt layak digunakan dalam pembelajaran bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Hasil ini ditunjukkan dari penilaian rata-rata para ahli sebesar 90,97% apabila dideskripsikan termasuk kategori sangat baik dan hasil penilaian rata-rata dari uji coba one to one sebesar 92% apabila dideskripsikan termasuk kategori sangat baik.
Downloads
Keywords:
penelitian pengembangan, media pembelajaran, powerpoint interaktif, sistem pencernaaan manusiaReferences
Anomeisa, Agnesia Bergita dan Dian Ernaningsih. 2020. “Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Power Point VBA Pada Penyajian Data Berkelompok” dalam Jurnal Pendidika Matematika Raflesia. 5.1. 17-31
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Dewanty, Rr. Natalia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau Untuk Kelas V SD Negeri Depok 1
Deno, M. E., Kaleka, M. B. U., & Harso, A. (2020). AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS FLORES PADA MASA PANDEMIK CORONA VIRUS DISEASE 19. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110-116. https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.702
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiarsana Indonesia.
Hisbullah dan Nuhayati Selvy. 2018. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makasar: Aksara Timur
Kaleka, M. B. U., Ika, Y. E., & Deno, M. E. (2020). Stusi Kasus Manajemen Sistem Pembelajaran Google Classroom Pada Perkuliahan Alat Ukur Fisika. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 159–164. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/6022
Kusprimanto. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V Di SDN Pundung, Girireko, Imogiri, Bantul, Yogyakarta
Nasution, Leni Masnidar. 2017. “Statistik Deskriptif” dalam Jurnal Hikmah. 14.1. 49-55
Riduwan.2014. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Salma. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group
Sanjaya, Wina. 2015. Perencanaan dan Desai Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group
Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Setiawan, Achmad dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatid, dan RnD. Bandung: PT. Alfabet.
Susilowati, Indah. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia” dalam Unnes Journal of Biology Education. 2.1. 82-90
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi