PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS IV SD

Authors

  • Fatematus Zahra Universitas Negeri Jakarta
  • Endang Wahyudiana Universitas Negeri Jakarta
  • Waluyo Hadi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1058

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media interaktif Powerpoint berbasis model Discovery learning untuk siswa kelas IV SD sehingga produk layak digunakan pada saat proses pembelajaran. Model pengembangan menggunakan model Borg and Gall namun hanya sampai pada tahap uji coba produk. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara kepada guru dan siswa, angket uji validasi kepada para ahli, dan angket uji coba produk. Berdasarkan hasil validasi ahli media, produk mendapat skor 4,1 dengan kategori baik. Ahli materi sebesar 4,6 dengan kategori sangat baik, dan ahli bahasa mendapat hasil akhir 4,8 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba produk secara perorangan mendapat skor 4,5 dengan kategori sangat baik dan uji coba dalam kelompok kecil mendapat skor 4,6 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian diatas maka dapat dismpulkan bahwa media interaktif powerpoint layak untuk digunakan pada saat pemebelajaran IPA khususnya materi upaya pelestarian sumber daya alam untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Media Powerpoint, Discovery learning, IPA, Pengembangan

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Media Powerpoint, Discovery learning, IPA, Pengembangan

References

Astuti, Y. W., Hidayat, S., & Auliandari, L. (2019). Development of Powerpoint with Discovery learning Environmental Pollution Material Class X SMAN 4 Palembang. 03(02), 57–65.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja grafindo.2017

Azura, A. R., Kamariyah, N., & Taufiq, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery learning Terhadap Hasil

Daryanto.2016.Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V Di Sd Al-. 171–180.

Ernawati, R. Y. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning ,Media Pembelajaran Power Terhadap Muatan Ips. 11(1), 26–37.

I Made Putrayasa1, H. Syahruddin, I. G. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. 2(1).Jalil, M. S. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Model Discovery learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan, 6(2), 130–137.

Kristin, F. (2016). Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 2, Nomor 1, April 2016 Analisis Model Pembelajaran. 2

Kusrini, dkk. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MUSAMUS (Journal of Science Education), 1, 27–32.

Metri Zain, Boga. Wahidah, Baiq dan M.Ali, Nasaruddin. Pengembangan Media Pembelajaran Teks Anekdot Melalui ‘Whatsapp Dan Facebook’ Di Kelas X Smk Negeri 4 Mataram (Ke Arah Multimedia). Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia Volume 2 No. 1 Juni 2020

Muhammad Kadri, M. R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Muhammad Kadri dan Meika Rahmawati. 1(1), 29–33.

Rahayu, A. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan MengidentifikasiJenis Tanah. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01(08), 1–13.

Sugiyono. 2015. Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryani, Nunuk. 2010. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung :PT Remaja Rosdakarya

Yusfita Ernawa, Ria. 2017 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning , Media Pembelajaran Powerpoint Dan Prestasi Belajar. Malang: JPPI

Downloads

Published

2021-11-22

How to Cite

Zahra, F. ., Wahyudiana, E. ., & Hadi, W. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS IV SD. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 104-112. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1058