PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1058Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media interaktif Powerpoint berbasis model Discovery learning untuk siswa kelas IV SD sehingga produk layak digunakan pada saat proses pembelajaran. Model pengembangan menggunakan model Borg and Gall namun hanya sampai pada tahap uji coba produk. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara kepada guru dan siswa, angket uji validasi kepada para ahli, dan angket uji coba produk. Berdasarkan hasil validasi ahli media, produk mendapat skor 4,1 dengan kategori baik. Ahli materi sebesar 4,6 dengan kategori sangat baik, dan ahli bahasa mendapat hasil akhir 4,8 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba produk secara perorangan mendapat skor 4,5 dengan kategori sangat baik dan uji coba dalam kelompok kecil mendapat skor 4,6 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian diatas maka dapat dismpulkan bahwa media interaktif powerpoint layak untuk digunakan pada saat pemebelajaran IPA khususnya materi upaya pelestarian sumber daya alam untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Media Powerpoint, Discovery learning, IPA, Pengembangan
Downloads
Keywords:
Media Powerpoint, Discovery learning, IPA, PengembanganReferences
Astuti, Y. W., Hidayat, S., & Auliandari, L. (2019). Development of Powerpoint with Discovery learning Environmental Pollution Material Class X SMAN 4 Palembang. 03(02), 57–65.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja grafindo.2017
Azura, A. R., Kamariyah, N., & Taufiq, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery learning Terhadap Hasil
Daryanto.2016.Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V Di Sd Al-. 171–180.
Ernawati, R. Y. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning ,Media Pembelajaran Power Terhadap Muatan Ips. 11(1), 26–37.
I Made Putrayasa1, H. Syahruddin, I. G. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. 2(1).Jalil, M. S. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Model Discovery learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan, 6(2), 130–137.
Kristin, F. (2016). Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 2, Nomor 1, April 2016 Analisis Model Pembelajaran. 2
Kusrini, dkk. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MUSAMUS (Journal of Science Education), 1, 27–32.
Metri Zain, Boga. Wahidah, Baiq dan M.Ali, Nasaruddin. Pengembangan Media Pembelajaran Teks Anekdot Melalui ‘Whatsapp Dan Facebook’ Di Kelas X Smk Negeri 4 Mataram (Ke Arah Multimedia). Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia Volume 2 No. 1 Juni 2020
Muhammad Kadri, M. R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Muhammad Kadri dan Meika Rahmawati. 1(1), 29–33.
Rahayu, A. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan MengidentifikasiJenis Tanah. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01(08), 1–13.
Sugiyono. 2015. Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryani, Nunuk. 2010. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung :PT Remaja Rosdakarya
Yusfita Ernawa, Ria. 2017 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning , Media Pembelajaran Powerpoint Dan Prestasi Belajar. Malang: JPPI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi