PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ENGINEERING DESIGN PROCESS (EDP) PADA TOPIK PEMANASAN GLOBAL DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1062Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji validitas, efektivitas pembelajaran IPA, dan respon siswa terhadap LKS berbasis Engineering Design Process (EDP) pada topik pemanasan global dalam pembelajaran IPA di SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Preliminary Research (Tahap Awal), Prototyping Phase (Tahap Perancangan), dan Assessment Phase (Tahap Penilaian). Subjek dalam penelitian ini meliputi ahli media, ahli materi, dan 30 siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Purwoharjo. Waktu pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan untuk mengukur validitas serta respon siswa yaitu lembar angket dan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan lembar tes pada penilaian ranah pengetahuan dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Penilaian ranah keterampilan menggunakan non tes berupa lembar desain. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji N-gain, dan uji korelasi. Hasil analisis validitas dinyatakan valid oleh ahli media dengan persentase 83,75% dan ahli materi sebesar 86,44% dengan kriteria sangat valid. Hasil analisis tes bahwa LKS EDP dapat dinyatakan efektif dalam pembelajaran IPA dengan skor N-Gain tertinggi 0,83. Hasil analisis respon siswa dinyatakan sangat positif dengan persentase rata-rata 85,42%.
Downloads
Keywords:
Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Engineering Design Process, Pemanasan GlobalReferences
Anggraini, F. I. dan S. Huzaifah. 2017. Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Prossiding Seminar Nasional Pendidikan IPA.
Ariani, D. dan I. Meutiawati. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning pada materi kalor di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan. 1(3): 13-19
Aristiadi, H. dan R. R. Putra. 2018. Pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis proyek terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep pemanasan global. Bioedusiana. 3(2): 77-84
Astuti, Y. P. 2020. Pengembangan perangkat pembelajaran model group investigation dengan advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan. 1(2)
Besari, S. F. 2018. Hasil keterampilan proses sains siswa kelas VII melalui penerapan LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pemanasan global. Jurnal Pendidikan Sains. 6(1): 1-5
Bybee, R.W. 2013. The Case for STEM Education-Challenge and Opportunities. Virginia: NSTA Press.
Grubbs, M. dan G. Strimel. 2015. Engineering design: the great integrator. Journal of STEM Teacher Education. 50(1): 77-90
Kaleka, M., & Ika, Y. E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Berkarakter Model Inquiry untuk Siswa Kelas IX. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 4(1), 1-6. https://doi.org/10.24905/psej.v4i1.51
Lufri, M. S. et al. 2020. Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Purwokerto: CV. IRDH
Makhrus et al. 2018. Identifikasi kesiapan LKPD guru terhadap keterampilan abad 21 pada pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 3(2): 124-128
Mariana. 2017. Penerapan pembelajaran pakem pada materi pemanasan global untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII MTsS Darul Aman. Jurnal Edukasi Kimia. 2(1): 79-85
Meilani, D. dan U. Aiman. 2020. Implementasi pembelajaran abad 21 terhadap hasil belajar IPA peserta didik dengan pengendalian motivasi belajar. Indonesian Journal of Primary Education. 4(1): 19-24
Mufarohah, S. L. dan K. Dwiningsih. 2018. Efektifitas LKS berorientasi blended learning dengan strategi POGIL pada materi ikatan kimia SMA. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia. 3(2): 53-62
Plomp, T. dan N. Nieveen. 2010. An Introduction to Education Design Research. Enchede: SLO-Netherlands Institute for Curriculum Development.
Ridwan, L. dan Y. Bungkang. 2016. Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPA di SMP se-Kota Jayapura tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. 4(3): 43-51
Rosnia, I. et al. 2018. Menggali engineering design behaviour (EDB) siswa SMP dalam membuat solusi krisis energi dalam pembelajaran STEM. Prosiding Seminar Nasional Fisika. Departemen Pendidikan Fisika. FPMIPA UPI. 97-101
Salim, H. dan Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Setiawati, G.A.D. 2013. Pemanfaatan subbak dalam pembelajaran IPA (upaya mewujudkan pembelajaran IPA yang mendukung implementasi kurikulum 2013). Seminar Nasional FMIPA UNDISKSHA III. 199-206
Tunner, K.L. et al. 2016. Engineering design for engineering design: benefits, models, and examples from practice. Journal of Inquiry in Education. 8(2): 1-12
Yaumi, M. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yohanis, J., et al. 2015. Pengembangan modul pembelajaran fisika bilingual kelas x pokok bahasan gerak lurus di SMA Negeri 3 Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. 1(3): 10-19
Yusuf, A.M. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi