PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS E-LEARNING PADA MUATAN IPA MATERI EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Andi Salsabila Universitas Negeri Jakarta
  • Edwita E Universitas Negeri Jakarta
  • Supriatna A.R. Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1065

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa game edukasi berbasis e-learning yang berisi konten IPA dalam materi ekosistem untuk kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan game edukasi berbasis e-learning ini menggunakan metode Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan rincian sebagai berikut: (1) Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Implementasi; dan (5) Evaluasi. Subjek penelitian meliputi dua validator yaitu ahli materi dan ahli media, serta peserta didik kelas V sekolah dasar yang berjumlah 3 orang untuk evaluasi perorangan dan 6 orang untuk evaluasi kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan game edukasi berbasis e-learning dengan persentase 90% dari ahli materi dan 80% dari ahli media dalam kategori “sangat baik”. Hasil uji coba peserta didik memperoleh persentase rata-rata 98% dalam kategori “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa game edukasi berbasis e-learning sangat cocok digunakan pada muatan IPA materi ekosistem untuk kelas V Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Penelitian dan Pengembangan, Game Edukasi, E-learning, IPA

References

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dony Novaliendry. (2013). APLIKASI GAME GEOGRAFI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF (STUDI KASUS SISWA KELAS IX SMPN 1 RAO). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 6(2).

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4

Kaleka, M., & Ika, Y. E. (2018). Developing the Character-Based Students Worksheet of Science with Inquiry Model for Students of Grade IX Literature Study Field Study Planning and drafting the LKS Small Trial Test Validation , Revision Writing the LKS completion Big Trial Test Figur. 2(2), 66–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jser.v2i2.22470

Manalu, L. Y., Sutrisno, & Hasanah, U. (2019). Hubungan gaya belajar dengan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal PGSD FIP UNJ, 1(1), 1–13. https://doi.org/doi.org/10.21009/DSD.XXX.

Mewengkang, A., Manado, U. N., Tangkawarow, I. R. H., Manado, U. N., Kasehung, H., Manado, U. N., & Material, O. C. (2018). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Ekosistem Berbasis Mobile. Frontiers: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(April), 27–38. https://doi.org/10.36412/frontiers/001035e1/april201801.03

Muchson. (2017). Statistik Deskriptif (Guepedia (ed.); p. 127). Guepedia

Nasution, L. M. (2017). STATISTIK DESKRIPTIF Leni Masnidar Nasution. Jurnal Hikmah, 14(1), 49–55.

Prasetyo, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Android Untuk Siswa Sd/Mi. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(1), 122–141. https://doi.org/10.32934/jmie.v1i1.29

Purnama, S., Hijriani, Y. S., & Heldanita. (2019). Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini (Nita (ed.); 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Puspitarini, E. W., Putra, D. W., & Nugroho, A. P. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1), 46–58. https://doi.org/10.37438/jimp.v1i1.7

Riduwan, & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Alfabeta.

Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwiningsi, N. N. (2020). Memahami E-learning: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan. Andi (Anggota Ikapi).

Sudihartinih, E., Novita, G., & Rachmatin, D. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Topik Luas Daerah Segitiga Menggunakan Aplikasi Scratch. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1390–1398.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). Alfabeta.

Sumitro, A., & Zuhrie, M. S. (2019). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MAZE RUNNER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DASAR LISTRIK ELEKTRONIKA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO Abstrak. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 08(2), 241–246.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal Ika, 11(1), 12–26.

Ucu, N. L., Paturusi, S. D. E., & Sompie, S. R. U. A. (2018). Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. Jurnal Teknik Informatika, 13(1). https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20196

Downloads

Published

2021-11-24

How to Cite

Salsabila, A., E, E., & A.R., S. (2021). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS E-LEARNING PADA MUATAN IPA MATERI EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 122-130. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1065