PENGEMBANGAN POSTER INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MUATAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fatimah Az' Zahra Universitas Negeri Jakarta
  • Tunjungsari Sekaringtyas Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1066

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan poster interaktif berbasis android sebagai media pembelajaran pada muatan IPA di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yaitu Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini meliputi tiga orang validator ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, serta peserta didik kelas IV sekolah dasar berjumlah 3 orang untuk evaluasi satu lawan satu dan 5 orang untuk evaluasi kelompok kecil. Hasil validasi menunjukkan poster interaktif berbasis android dinyatakan valid dengan persentase 97% oleh ahli media, 91,66% oleh ahli materi, dan 90% oleh ahli bahasa. Berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian ahli, kualitas poster interaktif berbasis android dapat dikategorikan “Sangat Baik”. Adapun hasil penilaian rata-rata dari uji coba satu lawan satu menunjukkan persentase sebesar 100% dan persentase sebesar 97,5% dari uji coba kelompok kecil sehingga poster interaktif berbasis android dapat dikategorikan “Sangat Baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

penelitian pengembangan, poster interaktif, android, IPA, sekolah dasar

References

Budiarta, I. W. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Model ADDIE untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X-1 Semester Genap di SMAN 1 Sukasada, Buleleng, Bali. Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(1).

Dale, V. H., & Kline, K. L. (2017). Interactive posters: A valuable means of enhancing communication and learning about productive paths toward sustainable bioenergy. Biofuels, Bioproducts and Biorefining, 11(2), 243–246.

Dewi, M. P., & Kristin, F. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Inquiry Pada Siswa Kelas V SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 67–78.

Herlina, & KH, M. (2019). Pemrograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop, dan Audition. Elex Media Komputindo.

Kaleka, M., & Ika, Y. E. (2018). Developing the Character-Based Students Worksheet of Science with Inquiry Model for Students of Grade IX Literature Study Field Study Planning and drafting the LKS Small Trial Test Validation , Revision Writing the LKS completion Big Trial Test Figur. 2(2), 66–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jser.v2i2.22470

Kusuma Firdani, R., & Tri Hariastuti, R. (2019). Pengembangan Media Poster Interaktif Bimbingan Dan Konseling Karier Berbasis Website Untuk Informasi Studi Lanjut Di Kelas IX Smp Negeri 3 Kota Mojokerto. Jurnal BK UNESA, 9(3), 105–110.

Mendikbud. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19

Paramitha, A. P. (2018). Pengembangan Media Poster pada Pembelajaran IPA Materi Ciri-Ciri Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat Siswa Kelas III SDN Lirboyo 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Simki-Pedagogia, 2(5), 123–154.

Pribadi, B. A. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Kencana.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Riduwan, & Sunarto. (2013). Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Alfabeta.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Deepublish Publisher.

Rudhito, M. A. (2019). Dasar-Dasar Penelitian Desain untuk Pendidikan. Deepublish Publisher.

Sinta, L. (2016). Penggunaan Media Interaktif pada Pembelajaran Konsep Usaha dan Energi di MTsS Ulumul Quran Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1), 38–54.

Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android. Teknomatika, 09(02), 113–120.

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112.

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Az’ Zahra, F. ., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. . (2021). PENGEMBANGAN POSTER INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MUATAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 131-144. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1066