PENGEMBANGAN FILTER GAME EDUKASI BERBASIS INSTAGRAM PADA MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Saphira Yasmin Anggraini Universitas Negeri Jakarta
  • Supriatna A.R. Universitas Negeri Jakarta
  • Dudung Amir Soleh Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1070

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Muatan IPA Materi Organ Pencernaan Kelas V Sekolah Dasar. Dari data hasil uji coba menggunakan analisis kebutuhan, peneliti menemukan beberapa permasalahan yang dialami 1) Peserta didik mengalami kejenuhan dan sulit fokus saat pembelajaran 2) Media pembelajaran yang monoton dan kurang menarik 3) Peserta didik aktif menggunakan smartphone. Dapat disimpulkan bahwa guru membutuhkan sebuah pengembangan media pembelajaran yang dapat membantu pembelajaran menjadi lebih menyenangkan sehingga peserta didik tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian dari pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dikarenakan adanya pandemic covid-19 media pembelajaran berbasis game edukasi ini diuji cobakan hanya pada ahli media, ahli materi, uji coba pengguna small group, dan field test secara online. Hasil uji coba ini memperoleh skor rata-rata 98% untuk ahli materi, 80% dan 85% untuk ahli media. Hasil uji coba pengguna 95,2% untuk tahap small group, dan 95,8% untuk tahap field test. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi termasuk ke dalam kategori “Sangat Baik (SB)” sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tema 3 “Organ Pencernaan” Kelas V Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Game Edukasi, Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Dasar

References

A. Amanda, D., & R. Putri, A. (2019). Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Android di SDN 1 Jepun. Jurnal of Education and Information Communication Technology, 3, 160–168.

Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6, 196–209.

Alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8, 1–11.

Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru. Al-Thariqah, 3. https://doi.org/10.25299

Ayurachmawati, P., & Widodo, A. (2016). Analisis Kemampuan Inkuiri Siswa di Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8, 217–227.

Dr. Adelina Hasyim, M. P. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah (1st ed.). Media Akademi.

Firdaus, Y. A., & Yermiandhoko, Y. (2020). Pengembangan Media Game Edukasi “Petualangan Si Isaac” Berbasis Android Pada Materi Gaya Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 08(02), 240–249.

Harahap, F., & Ristiono. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik SMP Negeri 15 Padang tentang Materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice. Bioeducation Journal, 1, 84–94.

Khairul Anwar, R., & Rusmana, A. (2013). Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial Dalam Meningkatkan Kompetensi Bagi Kepala, Pustakawan, dan Tenaga Pengelola Perpustakaan. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6, 204–208.

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (n.d.). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. 516–525.

Rahman, R. A., & Tresnawati, D. (2016). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 13.

Setiawan, R., & Audie, N. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Presentasi Diri Pada Mahasiswi Pendidikan Sosiologi FKIP Untirta. Community, 6.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syavira, N. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SD. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 84-93. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039

Vega, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. INFORM, 1, 1–70.

Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Anggraini, S. Y., A.R., S., & Soleh, D. A. (2021). PENGEMBANGAN FILTER GAME EDUKASI BERBASIS INSTAGRAM PADA MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 145-151. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1070