PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fatkhil Azizatunnisa Universitas Negeri Jakarta
  • Tunjungsari Sekaringtyas Univesitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1071

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukatif pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Dari data hasil uji coba analisis kebutuhan, peneliti menemukan beberapa permasalahan 1) Kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan guru; 2) Belum terciptanya pembelajaran interaktif; 3) Menurunnya motivasi belajar peserta didik dikarenakan tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa guru membutuhkan media pembelajaran yang dapat membuat terciptanya pembelajaran dua arah dan menyenangkan sehingga peserta didik dapat lebih antusias mengikuti pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dikarenakan adanya pandemikCovid-19, produk ini diuji cobakan hanya pada dua ahli media, satu ahli materi, serta uji pengguna one to one dan small group. Hasil uji coba ini memperoleh skor rata-rata 97% dari ahli materi, 87% dari ahli media. Hasil uji coba pengguna 93% untuk tahap one to one dan 97% untuk tahap small group. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif ini termasuk ke dalam kategori “Sangat Baik (SB)” sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” kelas IV Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Game Edukatif, IPA, Sekolah Dasar

References

Agustini, M., Yufiarti, & Wuryani. (2020). Development of learning media based on android games for children with attention deficit hyperactivity disorder. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(6), 205–213. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I06.13401

Anggraini, S. Y., A.R., S., & Soleh, D. A. (2021). Pengembangan Filter Game Edukasi Berbasis Instragram Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 145-151. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1070

Cheung, L. (2016). Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016, 1–6. https://doi.org/10.1155/2016/9502572

Deno, M. E., Bili, M., Kaleka, U., Harso, A., Studi, P., Fisika, P., & Keguruan, F. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Universitas Flores Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 19. OPTIKA: Jurnal Pendidikan FisikaJurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110–116. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.702

Donohue, C., & Gilutz, S. (2019). Child-Centered Design. Exploring Key Issues in Early Childhood and Technology, 12(1), 49–54. https://doi.org/10.4324/9780429457425-9

Erick, B. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51.

Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54

Meidawati, S. A. N. B. R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Mewengkang, A., Manado, U. N., Tangkawarow, I. R. H., Manado, U. N., Kasehung, H., Manado, U. N., & Material, O. C. (2018). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Ekosistem Berbasis Mobile. Frontiers: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(April), 27–38. https://doi.org/10.36412/frontiers/001035e1/april201801.03

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Sugiyanto, Badaruddin, M., Herpratiwi, Untung, S., & Sabarudin. (2020). The influence of learning motivation on the learning outcomes of vocational students at lampung university. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 133–140.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Widiana, I. W., Parera, N., & Yuda Sukmana, A. (2019). Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 3(4), 314–321. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22556

Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6454

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112

Zahra, F. ., Wahyudiana, E. ., & Hadi, W. (2021). Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Berbasis Model Discovery Learning Pada Muatan IPA Kelas IV SD. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 104-112. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1058

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 14-23. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1071