VALIDITAS E-MODUL PEMANASAN GLOBAL BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Authors

  • Leni Eka Putri Universitas Jember
  • I Ketut Mahardika Universitas Jember
  • Iwan Wicaksono Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1085

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving yang valid untuk digunakan siswa SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui proses validasi e-modul oleh validator ahli. Data yang diperoleh dilakukan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu kelas VII B dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving memenuhi kriteria kevalidan yaitu valid konstruk dan valid isi yang tertuang dalam 8 aspek penilaian meliputi aspek relevansi materi, aspek pengorganisasian materi, aspek evaluasi, aspek bahasa, aspek efek bagi strategi pembelajaran, aspek rekayasa perangkat lunak, aspek tampilan visual, dan aspek pengorganisasian e-modul. E-modul pemanasan global berbasis creative problem solving dinyatakan valid dengan memperoleh rata-rata persentase skor penilaian dari 3 validator ahli sebesar 95,71%  yang termasuk dalam kategori sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving yang dikembangkan valid untuk digunakan sebagai salah satu media alternatif dalam proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

e-modul, pemanasan global, creative problem solving

References

Akbar, S. 2016. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembina Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Diknas.

Freije, A. M., T. Hussain, dan E. A. Salman. 2017. Global Warming Awareness Among the University of Bahrain Science Students. Journal of the Association of Arab Universities for Basic and Applied Sciences, 9-16.

Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nisa, U. ., Yuliani, H., Syar, N. I., & Nastiti, L. R. (2021). META ANALISIS PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SIGIL PADA PEMBELAJARAN FISIKA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 64-73. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.960

Pramita, A., dan R. Agustini. 2016. Pengembangan media permaianan ular tangga pada materi senyawa hidrokarbon kelas XI SMA untuk meningkatkan pemahaman konsep. Unesa Journal of Chemical Education. 5(2): 336-344.

Prasetyo, Y. D., R. Yektyastuti, M. Solihah, J. Ikhasn, dan K. H. Sugiyarto. 2015. Pengaruh penggunaan media pembelajaran kimia berbasis aplikasi android terhadap peningkatan motivasi siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains V. Universitas Sebelas Maret.

Rochmad, 2012. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1): 69.

Rustia, E. A., A. Lutfi, dan H. Subekti. 2015. Pengembangan permaianan gaprek kampung sebagai media pembelajaran materi pemanasan global siswa SMP kelas VII. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, 1(2): 1-7.

Setianita, O. T., W. Liliawati, dan Muslim. 2019. Identifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi pemanasan global menggunakan four-tier diagnostic test dengan analisis confidence discrimination quotient (CDQ). Prosiding Seminar Nasional FISIKA, 5(1): 186-192.

Sibarani, H. P., M. Komaro, dan Y. Sukrawan. 2019. Implementasi Mobile Learning Berbasis Aplikasi Smartphone Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1): 42-50.

Swestyani, S., M. Masyuri, dan B. A. Prayitno. 2014. Pengembangan Modul IPA Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 6(2): 36-41.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Yazdanparast, T., S. Salehpour, dan M. R. Masjedi. 2013. Global Warming: Knowledge and Views of Iranian Students. Journal National Research Institute of Tuberculosis and Lung Disease, 51(3): 178-184.

Yusuf. 2005. Evaluasi Pendidikan. Padang: UNP.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Putri, L. E. ., Mahardika, I. K., & Wicaksono, I. (2021). VALIDITAS E-MODUL PEMANASAN GLOBAL BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK SISWA SMP KELAS VII. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 152-161. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1085