Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Pembelajaran IPA Tentang Siklus Air Kelas V SD

Authors

  • Alya Nabila Fahruji Universitas Negeri Jakarta
  • Supriatna A.R. Universitas Negeri Jakarta
  • Endang M. Kurnianti Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1086

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembalajaran interaktif berbasis android yang memuat materi siklus air untuk kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model yang digunakan adalah model Hannafin dan Peck yang memiliki langkah-langkah, terdiri dari (1) Analisis kebutuhan, (2) Perancangan, (3) Pengembangan dan Implementasi, (4) Evaluasi dan Revisi. Pada penelitian ini melibatkan ahli materi, ahli media, ahli instruksional serta siswa kelas V SD Menteng 03. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan kuesioner. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android pada tahap expert review mendapatkan nilai persentase rerata total dari validator ahli sebesar 95,59% dengan kategori sangat baik. Pada penilaian pengguna, tahap one-to-one evaluation persentase rerata 98,53%, tahap small group evaluation persentase rerata 97,82% dan tahap field test persentase rerata 97,82% yang artinya sangat baik. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif berbasis android materi siklus air dapat dikatakan valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

media pembelajaran interaktif, android, IPA, Hannafin dan Peck, science learning

References

Adam, steffi dan M. T. . (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, 3 No 2(ISSN 2337-8794), 78–90. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/05/PRINT JURNAL SITI (05-09-13-03-29-59).pdf

Andrizal, & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK, 12(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75

Az’ Zahra, F. ., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. . (2021). PENGEMBANGAN POSTER INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MUATAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 131-144. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1066

Fadli, R., & Hakiki, M. (2020). Validitas media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1(1), 9–15.

Hannafin, M. J., & Peck, K. L. (1988). The Design, Development, and Evaluation of Instructional Software. Macmillan Publishing Company.

Kebudayaan, K. P. dan. (2020). Penyesuaian Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaian-keputusan-bersama-empat-menteri-tentang-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19

Kemdikbud. (2020). Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus

Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin and Peck. POSITIF: Jurnal Sistem DanTeknologi Informasi, 1(1), 14–28. https://doi.org/10.1108/eb034372

Rifaldi, A., & Yermindhoko, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Si Mega Berbasis Android Untuk Materi Gaya. Jpgsd, 7(7), 3720–3730.

Satyaputra, A., & Aritonang, E. M. (2016). Let’s Build Your Android Apps with Android Studio. PT Elex Media Komputindo.

Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. CAKRAWALA, XI(1), 101–115.https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.105

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russel, J. D. (2014). Instructional Technology and Media for Learning. Vol. 7(2). Pearson.

Statcounter. (2021). Operating System Market Share Indonesia June 2020-June2021. https://gs.statcounter.com/os-market-share/all/indonesia

Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (26th ed.). Alafabeta.

Adam, steffi dan M. T. . (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, 3 No 2(ISSN 2337-8794), 78–90. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/05/PRINT JURNAL SITI (05-09-13-03-29-59).pdf

Andrizal, & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK, 12(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75

Fadli, R., & Hakiki, M. (2020). Validitas media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1(1), 9–15.

Hannafin, M. J., & Peck, K. L. (1988). The Design, Development, and Evaluation of Instructional Software. Macmillan Publishing Company.

Kebudayaan, K. P. dan. (2020). Penyesuaian Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaian-keputusan-bersama-empat-menteri-tentang-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19

Kemdikbud. (2020). Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus

Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin and Peck. POSITIF: Jurnal Sistem DanTeknologi Informasi, 1(1), 14–28. https://doi.org/10.1108/eb034372

Rifaldi, A., & Yermindhoko, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Si Mega Berbasis Android Untuk Materi Gaya. Jpgsd, 7(7), 3720–3730.

Satyaputra, A., & Aritonang, E. M. (2016). Let’s Build Your Android Apps with Android Studio. PT Elex Media Komputindo.

Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. CAKRAWALA, XI(1), 101–115.https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.105

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russel, J. D. (2014). Instructional Technology and Media for Learning. Vol. 7(2). Pearson.

Statcounter. (2021). Operating System Market Share Indonesia June 2020-June2021. https://gs.statcounter.com/os-market-share/all/indonesia

Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (26th ed.). Alafabeta.

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200.

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2014). Model Penelitian Pengembangan (Pertama). Graha Ilmu.

Downloads

Published

2022-06-12

How to Cite

Fahruji, A. N., A.R., S., & Kurnianti, E. M. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Pembelajaran IPA Tentang Siklus Air Kelas V SD. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 35-43. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1086