RAGAM IMPLEMENTASI MATERI LOKAL MELALUI KOMPONEN-KOMPONEN PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN SAINS

Authors

  • Maria Waldetrudis Lidi Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.109

Abstract

Materi lokal dapat diimplementasikan pada komponen-komponen pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Materi lokal dapat diterapkan melalui model terpadu (integrative) yakni melekat dan terpadu dalam program-program kurikuler, kurikulum dan atau pada mata pelajaran yang ada dan pada proses pembelajaran. Ragam implementasi materi lokal pada pembelajaran sains yang teruji secara empiris dapat meningkatkan kompetensi siswa adalah melalui komponen media, bahan ajar, sumber belajar, dan model pembelajaran. Materi lokal yang digunakan telah memenuhi kriteria dari komponen-komponen pembelajaran tersebut

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Materi lokal, komponen pembelajaran, Sains

References

Abidin, Z. 2016. Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1 (1), 9-20.

Arfianawati, S., Sudarmin, dan Sumarni, W.2016. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21 (1), 46-51.

Artini, N. P. Y., Parmiti, D.P., dan Sudana, D. N. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisuda. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 6(3), 1-11.

Banda, M. M. -. Upaya Kearifan Lokal dalam Menghadapi Tantangan Perubahan Kebudayaan. Hal 1-5. Diakses di http://simdos. unud. ac.id pada tanggal 28 Agustus 2019.

Dahliani, Soemarno, I., and Setijanti, P. 2015. Local Wisdom In Built Environment In Globalization Era. International Journal Of Education and Reserach, 3 (6), 157-166.

Damayanti, C., Rusilowati, A dan Lunuwih, S. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Innovative Science Education, 6 (1), 116-128.

Fajrie, N. 2013. Media Pertunjukkan Wayang Untuk Menumbuhkan Karakter Anak Bangsa. Hal 218-233. Diakses di https://publikasiilmiah.ums.ac.id pada tanggal 20 Agustus 2019.

Hadi, K. 2017. Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Di Kabupaten Aceh Selatan. BIOnatural, 4 (2), 42-52.

Hadi, W. P dan Ahied, M. 2017. Kajian Etnosains Madura dalam Proses Produksi Garam Sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Rekayasa, 10 (2), 79-86.

Hudson, C. C and Whisler, V. R. 2011. Contextual Teaching and Learning for Practitioners. Journal Systemics, Cybernetics and Informatics, 6 (4), 54-58.

Ilhami, A., Riandi, R dan Sriyati, S. 2018. Analisis Kelayakan Kearifan Lokal Ikan Larangan Sebagai Sumber Belajar IPA. Jurnal Bioedukatika, 6 (1), 40-47.

Jufrida, Basuki, F. R dan Rahma, S. 2018. Potensi Kearifan Lokal Geopark Merangin Sebagai Sumber Belajar Sains Di SMP. Jurnal EduFisika, 3 (1), 1-16.

Laksana, D.N.L dan Wawe, F. 2015. Penggunaan Media Berbasis Kearifan Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 27-37.

Lidi, M. W., Dhiki, Y. Y dan Ningsih. 2018. The Development Of Science Learning Model Based Local Wisdom of Ngada Society At Elementary School Combined By Audio Visual Media. Proceedings of the 1th International Conference on Science and Technology for an Internet of Things:Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa, Indonesia, 20 October 2018. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa.

Maharia, A., Yolida, B dan Marpaung, R.R.T. 2018. Identifikasi Kearifan Lokal Suku Sungkai Sebagai Sumber Belajar IPA SMP. Jurnal Bioterdidik, 6 (4), 1-15.

Nasruddin, Kusumah, S.D dan Purwana, B.H.S. 2011. Kearifan Lokal Di Tengah Modernisasi. Jakarta: Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.

Oktavianti, I dan Ratnasari, Y. 2018. Etnopedagogi dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Refleksi Edukatika, 8 (2), 149-154.

Pamungkas, Z. S., Wahyuni, S dan Prihandono, T. 2017. Kelayakan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Pada Pokok Bahasan Perubahan Benda Di SMPN 1 Semboro Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6 (3), 263-271.

Parwati, N.N. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Kearifan Lokal Pada Siswa SMP di Kota Singaraja. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4 (2), 612-622.

Payuyasa, I. N. 2017. Tumpek Uduh, Kearifan Lokal Bali Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Karakter. Jurnal Penjaminan Mutu, 3 (2), 206-214.

Pradietha, E.T., Meilinda, dan Nazip, K. 2014. Identifikasi Materi Lokal Sebagai Sumber Belajar Sains Biologi SMP Di Kabupaten Muara Enim. Jurnal Pembelajaran Biologi, 1 (2), 115-126.

Pramita, M., Mulyati, S dan Susanto, H. 2016. Implementasi Desain Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1 (3), 289-296.

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Ruyadi, Y. 2010. Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal (Penelitian Terhadap Masyarakat Adat Kampung Benda Kerep Cirebon Provinsi Jawa Barat untuk Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah). Proceedings of the 4th International Conference Teacher Education: Join Conference UPI dan UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010. Bandung: UPI dan UPSI.

Sari, J. R., Kartimi, dan Fitriah, E. 2015. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Sains Budaya Lokal Kesenian Sintren Pada Konsep Spermatophyta Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Ciwaringin. Scientiae Educatia, 5 (1), 1-12.

Saputra, A., Wahyuni, S dan Handayani, R. D. 2016. Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Daerah Pesisir Puger Pada Pokok Bahasan Sistem Transportasi di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (2), 182-189.

Shafa. 2014. Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14 (1), 81-96.

Shufa, N. K F. 2018. Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah kerangka konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1 (1). 48-53.

Sirih, M dan Erniwati. 2017. Video Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lingkungan Lokal Sebagai Sumber Belajar Siswa SMP/MTs Di Sulawesi Tenggara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret, 26 Oktober 2017. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sudarmin. 2014. Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal (Konsep dan Penerapannya dalam Penelitian dan Pembelajaran sains). Semarang: CV. Swadaya Manunggal.

Wagiran. 2012. Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu hayuning Bawana (Identifikasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Budaya). Jurnal Pendidikan Karakter, 2 (3), 329-339.

Wibowo, H. A., Wasino dan Setyowati, D. L. 2012. Kearifan Lokal Dalam Menjaga Lingkungan Hidup (Studi Kasus Masyarakat Di Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus). Journal of Educational Social Studies, 1 (1), 25-30.

Yastuti, H. I., Meilinda, dan Nazip, K. 2014. Identifikasi Materi Lokal Sebagai Sumber Belajar Sains Biologi SMP Di Kota Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, 1 (2), 127-138.

Yuliana, I. 2017. Pembelajaran Berbasis Etnosains Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1 (2a), 98-106.

Downloads

Published

2019-09-02

How to Cite

Lidi, M. W. (2019). RAGAM IMPLEMENTASI MATERI LOKAL MELALUI KOMPONEN-KOMPONEN PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN SAINS. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 10-19. https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.109