PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN I WOLOWARU KABUPATEN ENDE

Authors

  • Jumilah Gago Universitas Flores
  • Ainun Jariyah Universitas Flores
  • Veronika P. Sinta Mbia Wae Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMPN 1 Wolowaru Kecamatan Wolowaru Kabupaten Ende, melalui pembelajaran di dalam kelas. Guru merupakan titik sentral, yaitu sebagai ujung tombak di lapangan dalam pengembangan kurikulum. Keberhasilan belajar mengajar antara lain ditentukan oleh kemampuan professional dalam pribadi guru, dikarenakan pengembangan kurikulum berangkat dari dalam kelas, sehingga guru hendaknya mengusahakan gagasan kreatif dalam menerapkan kurikulum di kelasnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas praktik pembelajaran di dalam kelas. Data yang diambil adalah data sikap ilmiah siswa melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan wawancara dan observasi serta keduanya dilakukan pengecekan silang dengan tambahan dokumentasi sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh peran yang dilakukan guru-guru dalam meningkatkan motivasi peserta didik di SMPN 1 Wolowaru. Tujuh peran tersebut yaitu; Penggunaan metode dan media pembelajaran yang bervariasi, pemberian tugas yang teratur, pujian (reward), evaluasi yang konsisten, penilaian dalam setiap aspek, dan juga hukuman (punishment).

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

peran guru, motivasi

References

Amir, Taufik. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problema Based Learning: Bagaimana Pendidikan Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Basleman Aisah & Syamsyu Mappa. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa dan Remaja. Bandung: Rosda Karya Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Usman, Moh. (2010:5). Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja. Rosdakarya Ahmad Idzhar. (2016) . Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Bantaeng. Jurnal Office, Vol. 2 No.2, 2016 Hendra. ( 2017). “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI di SMA Laboratorium Malang”. Universitas Maulana Ibrahim Malang. Malang Masyuni Weka & Hery Setiawan. (2017). “Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD NEGERI 134 Kalumpang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba”. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. MAKASAR Nurul Wardhani. ( 2005) .”Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi”. Fakultas Psikologi UNPAD. Universitas UNPAD. JATINANGOR

Downloads

Published

2019-09-02 — Updated on 2020-08-26

Versions

How to Cite

Gago, J. ., Jariyah, A. ., & Wae, V. P. S. M. (2020). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN I WOLOWARU KABUPATEN ENDE. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 26-33. https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.111 (Original work published September 2, 2019)