STUDI KASUS PEMBELAJARAN LUAR JARINGAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMPK CHRISTO REGI ENDE
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1113Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dari rumah secara luar jaringan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Katolik Christo Regi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Ciri penelitian kualitatif adalah bersifat deskriptif dimana data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan juga gambar. Subyek dari penelitian ini adalah satu orang guru dan 25 orang peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul, kemudian dianalisis secara deskriptif dengan tahapan meliputi penjaringan data, klasifikasi, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran luar jaringan yang terjadi adalah; 1) perencaan pembelaajran berjalan cukup efektif; 2) pelaksanaan pembelajaran berjalan cukup efektif; 3) pelaksanaan evaluasi berjalan efektif. dan 4) Hasil belajar siswa cukup baik
Downloads
Keywords:
Offline LearningReferences
Aqib, Z., & Amrullah, A. (2017). Pedoman pendidikan budaya dan karakter bangsa. Nuansa Cendekia.
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.
Deno, M. E., Bili, M., Kaleka, U., Harso, A., Studi, P., Fisika, P., & Keguruan, F. (2020). AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS FLORES PADA MASA PANDEMIK CORONA VIRUS DISEASE 19. OPTIKA: Jurnal Pendidikan FisikaJurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110–116. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.702
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020.
Kaleka, M. B. U., Ika, Y. E., & Deno, M. E. (2020). Stusi Kasus Manajemen Sistem Pembelajaran Google Classroom Pada Perkuliahan Alat Ukur Fisika. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 159–164. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/6022
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020 Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana COVID-19 di Indonesia. Sekretariat Nasional SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana), 15, 1–16
Khairinal. 2016. Menyusun Proposal, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jambi: Salim Media Indonesia (Anggota IKAPI).
Moleong, Lexy J. 2014. Metodoli Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi.
Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. In Bandung:Alfabeta.
Susilawati, S., & Sari, I. W. (2019). PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUKAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1788
Windhiyana, E. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN ONLINE DI PERGURUAN TINGGI KRISTEN DI INDONESIA. Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.341.1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi