PENERAPAN METODE DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDI MBONGAWANI
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.116Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode discovery pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Melengkapi Cerita Rumpang dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDI Mbongawani. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDI Mbongawani. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah secara kualitatif yakni menguraikan tentang perkembangan proses pembelajaran dari siklus I sampai siklus II. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan tes pada siklus I dan II, dianalisis secara kuantitatif dengan menghitung rata-rata pada tiap siklus. Berdasarkan Hasil belajar peserta didik siklus I yaitu nilai rata-rata 51,40 dengan presentase ketuntasan 30% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu nilai rata-rata 76,20 dengan presentase ketuntasan 100%. Analisis hasil pengamatan menunjukan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan metode discovery sangat baik pada siklus II adalah 100%. Sedangkan persentase aktivitas peserta didik pada siklus II adalah 95%. Respon peserta didik terhadap pembelajaran pada umumnya baik dan hasil wawancara setelah pembelajaran banyak yang menyatakan senang karena dapat menemukan sendiri konsep yang sedang mereka pelajari. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar dalam materi melengkapi cerita rumpang pada peserta didik kelas IV SDI Mbongawani.
Downloads
Keywords:
Metode, Discovery, Hasil BelajarReferences
Arikunto, dkk.(2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Darmadi,Kaswan,dkk. (2008). Bahasa Indonesia 4 Untuk Sd Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Kusumah, Wijaya,dkk. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks
Mulyasa,E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya.
Santosa,Puji,dkk. 2008. Materi Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta:Universitas terbuka.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yuliawati, Fitri, dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Tenaga Profesional. Yogyakarta:Insan Madani.
Downloads
Published
Versions
- 2020-08-26 (2)
- 2019-09-02 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi