PENGARUH STRATEGI GENERATIF DAN STRATEGI POE DITINJAU DARI GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 26 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain faktorial 2x2
yang bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPA fisika antara peserta
didik yang diajar dengan menggunakan strategi generatif dan yang diajar menggunakan
strategi POE, (2) perbedaan hasil belajar IPA fisika antara peserta didik yang diajar
menggunakan strategi generatif dan yang diajar menggunakan strategi POE untuk peserta
didik yang bergaya belajar visual/auditif, (3) perbedaan hasil belajar IPA fisika antara
peserta didik yang diajar menggunakan strategi generatif dan yang diajar menggunakan
strategi POE untuk peserta dididk yang bergaya belajar kinestetik, dan (4) adanya interaksi
antara strategi pembelajaran (Generatif dan POE) dan gaya belajar (visual/auditif dan
kinestetik) terhadap hasil belajar IPA fisika.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri
26 Makassar yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 220 orang, dan yang menjadi sampel
dalam penelitian ini adalah kelas VIII4 dan kelas VIII6 dengan jumlah peserta didik untuk
masing-masing kelas berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan tes dan nontes. Teknik analisa data menggunakan teknik perhitungan manual
dan dilengkapi dengan perhitungan menggunakan program SPSS versi 16 for windows.
Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5 %.
Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang
signifikan hasil belajar IPA fisika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan
strategi generatif dan yang diajar dengan menggunakan strategi POE, (2) terdapat
perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA fisika antara peserta didik yang diajar
menggunakan strategi generatif dan yang diajar menggunakan strategi POE untuk peserta
didik yang bergaya belajar visual/auditif, (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil
belajar IPA fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan strategi generatif dan yang
diajar menggunakan strategi POE untuk peserta dididk yang bergaya belajar kinestetik,dan
(4) tidak terdapat interaksi antara antara strategi pembelajaran (Generatif dan POE) dan
gaya belajar (visual/auditif dan kinestetik) terhadap hasil belajar IPA fisika
Downloads
Keywords:
Strategi Generatif, Strategi POE, Gaya Belajar, Hasil Belajar, Cahaya dan Alat OptikReferences
Ali, S. & Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: UNM. Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Deporter, B. & Mark, R. 2012. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Halim, A. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten
Langkat. Jurnal Tabularasa PPs UNIMED,9 (2): 141-158.
Hardini, I. & Dewi, P. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia.
Nasution, W. N. 2007. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar IPA Eksperimen pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Matraman Jakarta Timur. Analityca Islamica, 9 (1): 19-39.
Nur, M .2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Unesa.
Purwanto. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saraswati, S. L. 2008. Pembelajaran Berbasis Siswa – Predict Observation Explain. Jakarta: P4TK IPA.
Sudijono. 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Rajagrafindo Persada.
Sudjana, 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2009. Metode penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif,
Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suriani. 2011. Tesis. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Predict Observation Explain Setting Pemodelan Untuk Meningkatkan Hasil belajar Fisika. Makassar: PPs UNM.
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
Usman & Akbar. 2006. Pengantar Statistika. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Wena, M.2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi