Hubungan Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII Semester 2 SMPK Wawonato Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan
antara: kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPA, minat belajar dengan prestasi belajar
IPA, dan kebiasaan belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar IPA. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII SMPK Wawonato tahun pelajaran
2016/2017. Pada penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan system random
sampling dan untuk menentukan besarnya sampel dengan menggunakan tabel krecjie
morgan. Sampel yang diambil sebanyak 35 siswa. Ada 2 teknik pengambilan data dalam
penelitian ini yaitu teknik angket dan teknik dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji
F dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan
antara: kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPA. Hal ini terbukti dengan hasil analisis
data yaitu thitung > ttabel yakni 1,779 > 1,692 pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 33; minat
belajar dengan prestasi belajar IPA. Hal ini terbukti dengan hasil analisis data yaitu thitung >
ttabel yakni 2,195 > 1,692 pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 33; serta kebiasaan belajar dan
minat belajar dengan prestasi belajar IPA. Hal ini terbukti dengan hasil analisis data yaitu
Fhitung > Ftabel yakni 49,82 > 3,29 pada taraf signifikan 0,05.
Downloads
Keywords:
kebiasaan belajar, minat belajar, prestasi belajarReferences
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Marselo & Edward, J. F. (1994). Fisika Dasar. Jakarta: Erlangga.
Nana, S. (2006). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Pusat Bahasa Depertemen Pendidikan Nasional. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi