PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI ANDROID GAYA DAN GERAK TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP

Authors

  • Rindi Antika Universitas Jember
  • Indrawati Indrawati Universitas Jember
  • Mochammad Iqbal Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1492

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh penggunaan media aplikasi android gaya dan gerak terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan minat belajar siswa SMP. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain penelitian post-test only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sempu pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel penelitian yaitu VIII G sebagai kelas eksperimen dan VIII H sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji independent sample t-test, dan uji t-pihak kanan. Hasil analisis HOTS diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,007 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan secara signifikan rata-rata nilai HOTS siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan hasil analisis minat belajar diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan secara signifikan rata-rata minat belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Aplikasi Android, HOTS, Minat Belajar

References

Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah. 3(2): 205-215.

Adi, N. P., dan Y. Kurniawan. (2018). Meningkatkan Higher Order Thinking Skills dan Sikap Terbuka melalui Media Pembelajaran Android. Journal of Komodo Science Education. 1(1): 79-94.

Afif, M. M. A., dan S. I. Haryudo. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 5(2): 437-443.

Aripin, I. (2018). Konsep dan Aplikasi Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Educatio. 3(1): 1-9.

Arlianty, W. N. (2016). An Analysis of Interest in Students Learning of Physical Chemistry Experiment Using Scientific Approach. International Journal of Science and Applied Science. 1(2): 109-116.

Billah A., dan Sarwanto. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Mata Manusia Berbasis Android. Jurnal Pendidikan IPA. 9(2): 94-100.

Dewi, P., E. Suryawati, Suwondo, dan M. Susanti. (2018). Character Integration and High Other Thinking Skills (HOTS) in Science Learning as An Improve Learning Result of The First Year Students of Junior High School 25 Pekan Baru. Jurnal Online Mahasiswa FKIP. 5(2): 1-15.

Fatma, A. D., dan C. F. Partana. (2019). Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 5(2): 229-236.

Hanipa, A., A. R. Misbahudin, Andreansyah, dan W. Setiawan. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MTs Kelas VIII dalam Pembelajaran Matematika melalui Aplikasi Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 2(5): 315-322.

Hastjarto, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psiologi. 27(2): 187-203.

Kaleka, M., & Ika, Y. E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Berkarakter Model Inquiry untuk Siswa Kelas IX. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 4(1), 1-6. https://doi.org/10.24905/psej.v4i1.51

Kurniawati, O. W., Nuriman, dan K. Mahmudi. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi IPA Tema Ekosistem di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 9(3): 313-322.

Mardiana, N. (2017). Peningkatan Physics HOTS melalui Mobile Learning. Journal of Physics and Science Learning (PASCAL). 1(2): 1-9.

Muyaroah, S., dan Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Inovatif Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. 6(2): 79-83.

Nurcahyo, A. W., Wartono, dan Yulianti, L. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Hukum Gerak Newton Mahasiswa melalui Pembelajaran Cooperative Problem Solving. Jurnal Pendidikan. 2(7): 963-970.

Rofiah, E, N. S. Aminah, dan Sunarno, W. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Pendidikan IPA. 7(2): 285-296

Sajidan, dan Afandi. (2017). Pembentukan Karakter dan Pemberdayaan Keterampilan Proses Berpikir Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Inovatif. Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW. Surakarta.

Sara, S., Suhendar, dan R. Y. Fauzi. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi. 5(1): 52-61.

Supardi, Leonard, Suhendri, H., dan Rismurdiyati. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif. 2(1): 71-81.

Supriyono, (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1): 43-48.

Talakua, C., dan Elly, S., S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Mobile Learning terhadap Minat dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kota Masohi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(1): 46-57.

Wati, W., dan Novianti. (2016). Pengembangan Rubrik Asesmen Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. 5(1): 131-140.

Zulfiani, dan Suwarna, I., P. (2019). Pengaruh Science Adaptive Assessment Tool Berbasis Gaya Belajar Kolab terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal edusains. 11(2): 1-10.

Downloads

Published

2022-06-14

How to Cite

Antika, R., Indrawati, I., & Iqbal, M. . (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI ANDROID GAYA DAN GERAK TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 44-51. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1492