KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK
Abstract
Sebagai media sosial, pendidikan memiliki peranan penting dalam
menciptakan generasi yang beretika, bermoral dan berani dalam
berkomunikasi sesuai dengan aturan yang berlaku dalam masyarakat.
Peserta didik tidak hanya dibekali dengan kecerdasan pikiran tetapi perlu
dibekali dengan kecerdasan emosional yang adalah kemampuan
seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi
dirinya dan orang lain di sekitarnya. Dalam hal ini, emosi mengacu pada
perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan. Sedangkan,
kecerdasan (intelijen) mengacu pada kapasitas untuk memberikan alasan
yang valid akan suatu hubungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian timbal balik/ interaktif. Penelitian dilaksanakn di kelas VII
Sekolah Menengah Pertama Negeri Aewora, Kecamatan Maurole.
Instrumen penelitian yang dipakai adalah berupa angket. Pengukuran
anglet menggunakan skala Likert. Angket dianalisis secara deskriptif
untuk mengetahui presentase jawaban. Hasil presentasi dapat
dideskripsikan bahwa tingkat kecerdasan emosional dan sikap ilmiah
Jurnal Dinamika Sains, ISSN: 2549-4929 JDS 2018, 2(1), 20
peserta didik pada kategori sangat baik sebesar 25%, kategori baik
sebesar 60%, kategori kurang baik sebesar 15%, sedangkan pada
kategori tidak baik dan sangat tidak baik sebesar 0%. Dari hasil
presentasi tersebut disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan sikap
ilmiah peserta didik dikategorikan baik.
Downloads
Keywords:
Kecerdasan emosional, karakter, peserta didikReferences
Gardner, H. (1983) .Pendidikan Emosional Usia dini.Bandung: C.V Tirta.
Goleman, D. (2000). Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Maliki, S. (2009). Manajemen Pribadi Untuk Kesuksesan Hidup. Yogyakarta: Kertajaya.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi