PENGGUNAAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SDI MALANUZA

Authors

  • Petronela Y. Dhosa Sekolah Dasar Inpres Malanuza Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model
pembelajaran Problem Solving dalam meningkatan prestasi belajar
siswa kelas V Sekolah Dasar Inpres Malanuza mata pelajaran
matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Penggunaan model pembelajaran Problem Solving diharapkan siswa
akan terlibat secara langsung dalam menemukan, menggali, dan
memproses pengetahuanya sendiri. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus
Kemmis & Taggart yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapan
dari setiap siklusnya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru (observer) dan
siswa melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian
diperoleh prestasi belajar siswa siklus I yaitu nilai rata-ratan 67,6%
dengan presentasi ketuntasan 88% dan mengalami peningkatan
pada siklus II yaitu nilai rata-rata 75,6% dengan presentasi
ketuntasan 100%. Analisis hasil observasi menunjukan bahwa
kemampuan guru dalam pembelajaran dengan menggunakan model
problem solving sangat baik pada siklus II adalah 100 %.
Sedangkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dari hasil penelitian
siklus I sampai siklus II, mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

problem solving, prestasi belajar, cahaya

References

Ainul, Y., Pramukartono, J.A. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Dasar-Dasar Kelistrikan di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. (2)1, 237-245.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2010). Strategi Belaajr Mengajar (cetakan keempat). Jakarta: Rineka Cipta.

Krulik, S., & Rudnick, J.A. (2006). The New Sourcebook For Teaching Reasoning and Problem Solving in Junior and High School. Boston: Allyn and Bacon.

Nur, Muhammad. (2008). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa.

Downloads

Published

2018-09-02

How to Cite

Petronela Y. Dhosa. (2018). PENGGUNAAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SDI MALANUZA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 27-32. Retrieved from https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/158