PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS FLORES TENTANG PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.2194Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Flores tentang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data diperoleh dari populasi yakni 85 responden yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian survei ini menunjukkan bahwa mahasiswa pada program studi pendidikan fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Flores memberikan respon yang positif terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
Downloads
Keywords:
Survei, MBKM, MahasiswaReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta
Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Inventarisasi Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(1). 201-206
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591
Bethlehem, J. (2009). Applied Survey Methods: A Statistical Perspective. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/10.1002/9780470494998
Fatah, Amir. (2021). Eksplorasi Dukungan Industri Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang Tahun 2021. 1(1), 282-290
Fuadi, T. M. (2021). Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(1), 183-200
Haryanto, M. (2020). Menelaah Pembelajaran Sastra yang (Kembali) Belajar Merdeka di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, pp. 62-65.
Hidayat, S. E., Samidi, S., and Nasution, A. (2021). The Alignment And Misalignment of The Islamic Economics Curriculum With The Indonesian Government Policy. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 10(1).
Krisnanik, E., Saphira, Q., & Hesti Indriana, I. (2021). Desain Model MBKM Dan Kolaborasi Kerja Sama Model Pentahelix Guna Meningkatkan Daya Saing Lulusan. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5(1), 138-142. Diambil dari https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/40
Kurnia, dkk. (2021). Pangan Fungsional Untuk Proyek Independen KKN-Tematik Di Masa Pandemi Covid-19. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 5(1), 608-615. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5il.5749
Latifah, S., dkk. (2021). Pertukaran Pelajar Unram-UPM: Inovasi Pembelajaran MBKM Dalam Menumbuhkan Ketangguhan Lulusan Sarjana Kehutanan. Jurnal Perpadu, 2(1), 46-51
Mariati, M. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora 2021, ke-1. 1(1), 747-758. https://doi.org/10.53695/sintesa.vlil.405
Putri, R. A., dkk. (2021). Analisis Kompetensi Guru Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Medan Dalam Program Magang Kependidikan MBKM. Bahas, 32(4), 371-384. https://doi.org/10.24114/bhs.v32i4.30546
Rochana, R. Darajatun, R. M. & Ramdhany, M. A. (2021). Pengaruh Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka Terhadap Minat dan Keterlibatan Mahasiswa. Journal of Business Management Education 6(3), 11-21. https://doi.org/10.17509/jbme.v6i3.40165
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi