PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS FLORES TENTANG PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

Authors

  • Yasinta Embu Ika Universitas Flores
  • Antonia Fransiska Laka Universitas Flores
  • Philipus Nerius Supardi Universitas Flores
  • Donatus Rendo Universitas Flores
  • Damiana Nofita Birhi Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.2194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Flores tentang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data diperoleh dari populasi yakni 85 responden yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian survei ini menunjukkan bahwa mahasiswa pada program studi pendidikan fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Flores memberikan respon yang positif terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Survei, MBKM, Mahasiswa

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Inventarisasi Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(1). 201-206

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Bethlehem, J. (2009). Applied Survey Methods: A Statistical Perspective. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/10.1002/9780470494998

Fatah, Amir. (2021). Eksplorasi Dukungan Industri Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang Tahun 2021. 1(1), 282-290

Fuadi, T. M. (2021). Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(1), 183-200

Haryanto, M. (2020). Menelaah Pembelajaran Sastra yang (Kembali) Belajar Merdeka di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, pp. 62-65.

Hidayat, S. E., Samidi, S., and Nasution, A. (2021). The Alignment And Misalignment of The Islamic Economics Curriculum With The Indonesian Government Policy. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 10(1).

Krisnanik, E., Saphira, Q., & Hesti Indriana, I. (2021). Desain Model MBKM Dan Kolaborasi Kerja Sama Model Pentahelix Guna Meningkatkan Daya Saing Lulusan. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5(1), 138-142. Diambil dari https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/40

Kurnia, dkk. (2021). Pangan Fungsional Untuk Proyek Independen KKN-Tematik Di Masa Pandemi Covid-19. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 5(1), 608-615. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5il.5749

Latifah, S., dkk. (2021). Pertukaran Pelajar Unram-UPM: Inovasi Pembelajaran MBKM Dalam Menumbuhkan Ketangguhan Lulusan Sarjana Kehutanan. Jurnal Perpadu, 2(1), 46-51

Mariati, M. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora 2021, ke-1. 1(1), 747-758. https://doi.org/10.53695/sintesa.vlil.405

Putri, R. A., dkk. (2021). Analisis Kompetensi Guru Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Medan Dalam Program Magang Kependidikan MBKM. Bahas, 32(4), 371-384. https://doi.org/10.24114/bhs.v32i4.30546

Rochana, R. Darajatun, R. M. & Ramdhany, M. A. (2021). Pengaruh Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka Terhadap Minat dan Keterlibatan Mahasiswa. Journal of Business Management Education 6(3), 11-21. https://doi.org/10.17509/jbme.v6i3.40165

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Ika, Y. E., Laka, A. F., Supardi, P. N., Rendo, D., & Birhi, D. N. (2022). PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS FLORES TENTANG PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM). OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 158-167. https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.2194