PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN KARTU DOMINO PADA POKOK BAHASAN FISIKA GERAK
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.2226Abstract
Telah banyak dikembangkan media pembelajaran berbasis permainan untuk membantu dalam proses belajar mengajar. Salah satunya adalah permainan kartu domino. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan yang berisi persamaan-persamaan di dalam mata kuliah Fisika Gerak. Fisika gerak merupakan mata kuliah di program studi Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model perancangan media pembelajaran model ADDIE. Model ADDIE dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap Development (Pengembangan), untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran. Hal ini diperoleh dari hasil penilaian validator, yaitu validator media dan validator materi. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu telah dibuat media pembelajaran dalam bentuk permainan kartu domino fisika gerak. Hasil validasi materi dan validasi media terhadap kartu permainan domino fisika gerak termasuk dalam kriteria yang layak, sehingga media berbasis permainan ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
Keywords:
media game, kartu domino, fisika gerakReferences
Agustina, I., Astuti, D., & Bhakti, Y. B. (2018). Interactive Learning Multimedia Based Microsoft Excel on the Temperature and Heat. Unnes Science Education Journal, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/usej.v7i1.21355
Arsi, F., & Febrianti, K. V. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web untuk SMA Kelas X pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 5, 33–42.
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57–62. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10
Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 14-23. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1071
Estiani, W., Widiyatmoko, A., & Sarwi. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Uno untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa Kelas VIII Tema Optik. Unnes Science Education Journal, 4(1), 711–719.
Handayanti, A. ., I, I., & Wicaksono, I. . (2020). PENGGUNAAN MEDIA PHET (Physics Education Technology) PADA PEMBELAJARAN GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 63-72. https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.553
Ihsan, M., Jakarta, U. N., & Belakang, A. L. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Graphic Recorder Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Kelas X SMA.
Karimah, R., Supurwoko, S., & Wahyuningsih, D. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA FISIKA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret, 2(1), 120547.
Khalifudin, U. A., Prambudi, A., & Isti Hidayah. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model DL Berbantuan Kartu Domino Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas VII. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 778–787.
Putri, A. R. S., & Airlanda, G. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Game PEKA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Pecahan. Efektor, 7(2), 109–116. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14978
Ropi`i, N. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Peraga Ikonik Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup Terhadap Pemahaman Konsep Pengukuran Siswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(1), 9–14. https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i1.358
Sari, F. A., Suseno, N., & Riswanto, R. (2019). Pengembangan Modul Fisika Online Berbasis Web pada Materi Usaha dan Energi. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(2), 129–135. https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i2.476
Sumarni, R. A., Kumala, S. A., & Widiyatun, F. (2021). Pembelajaran Edukatif yang Asyik di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdi, 4(1), 105–112.
Widiyatun, F., Sumarni, R. A., & Kumala, S. A. (2020). Pengembangan dan Validasi Kartu Domino Besan (Besaran dan Satuan). Prosiding Seminar Nasional Sains (SINASIS 1), 1(1), 58–64.
Wiyono, K. E., Sudjito, D. N., & Rondonuwu, F. S. (2020). Pengembangan Media Kartu Domino Fisika (Domika) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Materi Kinematika Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 1–8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi