LKPD HUKUM NEWTON BERBASIS KEARIFAN LOKAL NGLARAK BLARAK BERBANTUAN PHET
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2293Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kearifan lokal Nglarak Blarak berbantuan website PhET sebagai media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep hukum Newton dan critical thingking pada siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Preliminary Research (Tahap Awal), Prototyping Phase (Tahap Perancangan), dan Assessment Phase (Tahap Penilaian). Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket uji kelayakan yang diisi oleh para ahli. Data hasil uji kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dianalisis menggunakan skala Likert dengan kategori persentase lebih dari sama dengan 61% berkategori baik. Hasil penelitian menunjukkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada setiap aspek dinyatakan layak dengan presentase 77% (kategori baik). Dari data hasil uji kelayakan tersebut, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantuan website PhET berbasis kearifan lokal Nglarak Blarak layak digunakan sebagai media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep hukum Newton dan critical thingking pada siswa.
Downloads
Keywords:
critical thinking, hukum newton, kearifan lokal, lembar kerja peserta didik (lkpd), phetReferences
Al-Fajri, M. H., Alatas, F., & Daryono, Da. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Laboratorium Virtual Pada Konsep Listrik Dinamis. Seminar Nasional Pendidikan IPA-Biologi FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 28 September 2016, 127–133.
Arief, M. K., Handayani, L., & Dwijananti, P. (2012). Identifikasi Kesulitan Belajar pada Siswa RSBI: Studi Kasus di RSMABI se Kota Semarang. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(2).
Arsanty, V. N., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Pembelajaran STS dalam Peningkatan Penguasaan Materi dan Pencapaian Kreativitas Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 23–32.
Arslan, A., & Devecioglu, Y. (2010). Student teachers' levels of understanding and model of understanding about Newton's laws of motion. Journal Asia-pacific Forum on science learning & Teaching, 11(1).
Astalini, A., Riantoni, C., & Darmaji, D. (2019). Studi penggunaan PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71-75.
Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Object Oriented Programming. TRANSISTOR Elektro Dan Informatika, 2(2), 81-88.
Fatmawati, E., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Children Learning In Science (CLIS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 41-49.
Hutami, D. P., & Wiyatmo, Y. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Kerja Sama Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 18-28.
Mukhopadhyay, R. (2013). Problem solving in science learning-some important considerations of a teacher. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 8(6), 21-25.
Mundilarto. (2012). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: UNY Press.
Ngadinem, N.. (2019). Penggunaan Media Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ilmiah WUNY, 1(1).
Plomp, T., & Nieveen, N. M. (2010). An introduction to educational design research: Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23-26, 2007. Enchede: Stichting Leerplan Ontwikkeling (SLO) -Netherlands Institute for Curriculum Development.
Ramadhani, W. N., Aristya Putra, P. D. ., & Novenda, I. L. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Engineering Design Process (EDP) Pada Topik Pemanasan Global Dalam Pembelajaran IPA di SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 1-13. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1062
Rita Sri Mawarni, S. (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Gasing Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 83-91.
Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Supriyono, K. H. (2003). Common Textbook (Edisi Revisi) Strategi Pembelajaran Fisika. Malang: FMIPA Universitas Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi