LITERATURE REVIEW: E-MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL TOPIK SUHU DAN KALOR

Authors

  • Sasqia Shafa Salsabilla Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Setiaji Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.2385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang cukup tentang e-modul berbasis model pembelajaran problem based learning yang diintegrasikan dengan kearifan lokal sebagai media pembelajaran yang efektif. Metode penelitian ini adalah studi literatur yang mengumpulkan beberapa penelitian sebelumnya untuk menjawab pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran problem based learning yang diintegrasikan dengan kearifan lokal sebagai media pembelajaran yang efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul problem based learning  adalah media pembelajaran  yang sangat efektif untuk meningkatkan  keterampilan proses sains siswa. Media pembelajaran e-modul yang diintegrasikan dengan kearifan lokal ini menjadi  media pembelajaran yang cukup menarik dan unik. Hal ini karena integrasi kearifan lokal pada media pembelajaran fisika belum banyak dilakukan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

e-modul, Fisika, Kearifan Lokal, Problem Based Learning, Studi Literatur

References

Agustia, F. S., & Fauzi, A. (2020). Efektivitas E-Modul Fisika SMA Terintegrasi Materi Kebakaran Berbasis Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(1).

Andani, T., Yuliani, H., Syar, N. I., & Azizah, N. (2022). Efektivitas Penggunaan E-Modul Fisika Sebagai Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 7(2), 201-208.

Butar, Y. B., & Panggabean, D. D. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Hukum Newton Gerak Kelas X Di Sma Negeri 1 Besitang. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 10(2).

Devitasari, Titis Wahyu (2022) Pengembangan e-modul berbasis problem based learning terintegrasi penilaian formatif sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa materi momentum dan impuls / Titis Wahyu Devitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Fitria, D. (2020). Hubungan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis Padamateri Suhu Dan Kalor. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(3), 83-90.

Gita, D. R., & Dewati, M. (2022, August). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 3, No. 1).

Hardiyanti, P. C., Wardani, S., & Nurhayati, S. (2017). Keefektifan model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(1).

Hartini, L., Zainuddin, Z., & Miriam, S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi keterampilan proses sains menggunakan model inquiry discovery learning terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 69–82. doi: 10.20527/bipf.v6i1.4448.

Hasanah, A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 5(2), 56-64.

Jannah, M., Sunaryo, S., & Wibowo, F. C. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based learning (PBL) Materi Momentum, Impuls dan Tumbukan. Lontar Physics Today, 1(2), 87-96.

Karamustafaoglu, Sevilay (2011). “Improving the Science Process Skills Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams”, Eurasian J. Phys. Chem.Educ. 3 (1): 26-38

Latifah, N., Ashari, A., & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 1(1), 1-7.

Listika Y. R, Bambang S. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) untuk Meningkatkan Kreativitas Keterampilan Proses Sains. Seminar Nasional pendidikan dan Saintek, 959-970

Lutfa, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based learning) Untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2).

M. G. Nugraha, S. Utari, D. Saepuzaman, F. N. Solihat, And K. H. Kirana, “Development Of Basic Physics Experiments Based On Science Process Skills (Sps) To Enhance Mastery Concepts Of Physics Pre-Service Teachers In Melde’s Law,” J. Phys. Conf. Ser., Vol. 1280, No. 5, 2019.

Mahmudah, I. R., Makiyah, Y. S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Profil keterampilan proses sains (KPS) siswa SMA di Kota Bandung. Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 1(1).

Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis kebutuhan e-modul fisika sebagai bahan ajar berbasis PBL di MA muslimat NU. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 70-80.

Mayanty, S. (2018). Pengembangan e-modul fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA.

Mayanty, S., Astra, I. M., & Rustana, C. E. (2018, May). Pengembangan e-modul fisika berbasis problem based learning (pbl) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 1-13).

Meianti, Ni Made Putu (2020) Pengembangan E-modul Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X MIPA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

Ngadimin, dkk. (2021). E-Module Development in Physics Lessons Based on Problem Based Learning. Asian Journal of Science Education.

Pazlina, N., & Usmeldi, U. (2020). Pengembangan E-Modul Dasar-dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 71-74.

Purba, F. J. (2017). Pengaruh model problem based learning (PBL) dengan pemahaman konsep awal terhadap keterampilan proses sains (KPS) siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 8-13.

Rahayu, Dewi I. (2021). Profil Kreativitas Keterampilan Proses Sains dalam Konteks 21st Century Skills Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Banyumas. Bachelor Thesis. Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Rahmawati, F., Sarwanto, S., & Budiawanti, S. (2022, January). Persepsi Guru Fisika Terhadap Kebutuhan E-Modul Berbasis Android Dengan Model Hybrid-Pbl Pada Materi Gelombang Bunyi. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 10).

Sidik, F. D. M., & Kartika, I. (2020). Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI Materi Gejala Gelombang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(2), 185-201.

Sundari, P. D., & Sarkity, D. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 149-161.

Waki’ah, W. N., Ruhiat, Y., & Utami, I. S. (2019). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Siswa SMA Kelas X.

Wirda. Abdul ., Ibnu K (2015). Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 131-142

Wati, M., Apriani, R., Misbah, M., Miriam, S., & Mahtari, S. (2021). Pengembangan e-modul suhu dan kalor bermuatan kearifan lokal melalui aplikasi sigil. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 112-121.

Yadaeni, A., Kusairi, S., & Parno, P. (2018). Penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas XII pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 357-364

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Salsabilla, S. S., & Setiaji, B. . (2023). LITERATURE REVIEW: E-MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL TOPIK SUHU DAN KALOR. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 177-189. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.2385