ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS JEMBER TERHADAP KONSEP FISIKA PADA ALAT PERTANIAN CANGKUL
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2759Abstract
Cangkul adalah alat pertanian yang menggunakan konsep fisika salah satunya menggabungkan konsep pesawat sederhana, yang menggunakan prinsip sejenis pengungkit atau pengungkit ketiga, yaitu titik gaya antara titik beban dan titik tumpu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jember dalam memahami konsep-konsep fisika pada alat pertanian cangkul. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, teknik pengambilan data menggunakan 10 butir soal dengan subjek mahasiswa pendidikan fisika universitas jember sebanyak 50 responden. Hasil penelitian menggunakan kuisioner berupa google forms diperoleh nilai rata-rata mahasiswa pendidikan fisika sebesar 65. Dapat simpulkan bahwa pemahaman mahasiswa pendidikan fisika terkait dengan konsep fisika pada alat pertanian cangkul masuk kategori cukup.
Downloads
Keywords:
Konsep fisika, Cangkul, Pemahaman mahasiswa, AgrofisikaReferences
Adhani, A., & Rupa, D. (2020). Analysis of Biology Education Student’s Conceptual Understanding in Plant Physiology Course. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 18–26.
Arifi, M. F., Lesmono, A. D., & Handayani, R. D. (2021). Analisis Konsep Fisika Pada Penggunaan Alat Pertanian Cangkul Oleh Petani Sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(3), 121. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i3.25563
Chodjim, A. (2003). Mistik dan makrifat Sunan Kalijaga. Jakarta : PT Serambi Ilmu Semesta.
Hamidy, A. N., Sudarti, S., & Prihandono, T. (2021). Analisis Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember Pada Materi Teknologi Radiasi Ionizing Dalam Pengawetan Bahan Pangan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(4), 156. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i4.27998
Harry, G. 2022. Penggunaan Alsintan untuk Meningkatkan Produktivitas Tani.Jakarta : Elementa Agro Lestari.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Kusuma, A., Sari, D., & Prasetyo, B. (2020). Pengembangan Teknologi Cangkul yang Lebih Efisien dan Ergonomis. Jurnal Teknologi Pertanian, 10(2), 45-52.
Mirnawati, A., & Yasir, M. (2022). Kajian Etnosains: Budidaya Salak Sebagai Bahan Ajar Ipa SMP. Proceeding Science Education National Conference 2022, 13–19.
Nurhayanti, H., Hendar, H., & Kusmawati, R. (2022). Model Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Pecahan. Jurnal Tahsinia, 3(2), 156–166. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.334
Prasetyo, B. (2021). Tantangan Penggunaan Cangkul dalam Pertanian Modern. Jurnal Pertanian Modern, 5(1), 12-18.
Sa’diyyah, O., Purnomo, D., & Gagung, J. (2020). Persepsi Petani terhadap Penggunaan Alat dan Mesin Pertanian Hand Tractor di Kelompok Tani Serbaguna Desa Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 4(3), 488–492. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.03.04
Salawaty, A., Malia, R., dan Nurjayana, N. (2022). Feasibility Study of Small and Medium Industry (SMI) Metal Traditional Agricultural Equipment (Cangkul) CV Rhodas in Cibatu Village, Cisaat District, Sukabumi Regency. J. Agrivita, 4(1), 66–81.
Sandi, G. H., & Fatma, Y. (2023). Pemanfaatan Teknologi Internet of Things ( Iot ) Pada Bidang Pertanian. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 1–5.
Sari, D., Kusuma, A., & Prasetyo, B. (2020). Keunggulan Penggunaan Cangkul dalam Pertanian Berkelanjutan. Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 4(2), 23-30.
Wardhiani, W. F. (2019). Peran Politik Pertanian dalam Pembangunan Pertanian menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Sektor Pertanian. JISIPOL | Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(2), 83–94.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi