EKSPLORASI KONSEP FISIKA KESETIMBANGAN BENDA TEGAR PADA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • Wanda Febrianty Universitas Jember
  • Ramadhani Dwi Saputra Universitas Jember
  • Hanif Al Amri Universitas Jember
  • Firdaus Nur Rahmat Universitas Jember
  • Rifati Dina Handayani Universitas Jember
  • Pramudya Dwi Aristya Putra Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2761

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis konsep kesetimbangan pada permainan tradisional Engklek. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka melalui berbagai buku dan jurnal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional Engklek memiliki konsep fisika yang dapat dikaji yaitu pada materi kesetimbangan benda tegar. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa terdapat tiga variabel yang mempengaruhi kesetimbangan tubuh, yaitu posisi kaki pemain, lengan pemain, dan massa pemain Engklek. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa eksplorasi konsep fisika kesetimbangan benda tegar pada permainan tradisional Engklek ini dapat dikembangkan sebagai bahan ajar untuk membantu guru dalam menciptakan inovasi pembelajaran fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

engklek, fisika, kearifan lokal, kesetimbangan

References

Abdullah, M. (2016). Fisika Dasar I. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Afkarina, D., & Sudarti. (2021). Analisis Konsep Fisika pada Permainan Tradisional Kerapan Kereweng sebagai Bahan Ajar Fisika. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya, 5(2), 48-54. https://doi.org/10.19109/jifp.v5i2.10209

Aprilia, E. D., Trapsilasiwi, D., & Setiawan, T. B. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek Beserta Alatnya Sebagai Bahan Ajar. Jurnal Kadikma, 10(1), 85-94. https://doi.org/10.19184/kdma.v10i1.11735

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., Setiadi, I., & Zahra, R. A. (2022). Kajian Etnofisika Pada Tari Soya-Soya Sebagai Sumber Ajar Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 333. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.10415

Elisa, E., Prabandi, A. M., Istighfarini, E. T., Alivia, H., Handayani, L. W. I., & Nuraini, L. (2022). Analisis Konsep-Konsep Fisika Berbasis Kearifan Lokal Pada Jajanan Tradisional Dawet Dan Klepon. Jurnal ORBITA, 8(4), 194-199. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.10197

Firdiani, Handhika, J., & Kurniadi, E. (2019). Potensi Kesenian Tradisional Dongkrek Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Gelombang Bunyi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika V. 31 Juli 2019. Univeristas PGRI Madiun: 1-12. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF/article/view/1397

Giancoli, D. C. 2014. Fisika Prinsip dan Penerapannya Edisi Ketujuh Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Hunaepi, Firdaus, L., Samsuri, T., Susantini, E., & Raharjo. (2020). Implementsi Worksheet Inkuiri Terintegrasi Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Biologi, 8(1), 158-169.

Lestari, S. A., Admoko, S., & Suprapto, N. (2022). Identifikasi Konsep Fisika pada Kearifan Lokal Kayangan Api di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 103–113. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/view/4707

Nurmasyitah, Virnalita, & Lubis, N. A. (2022). Kajian Etnofisika Konsep Gerak Parabola Pada Permainan Tradisional Aceh Geulengkue Teu Peu Poe. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 10(2), 245-258. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v10i2.5217

Rumiati, R., Handayani, R. D., & Mahardika, I. K. (2021). Analisis Konsep Fisika Energi Mekanik Pada Permainan Tradisional Egrang Sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 131. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3570

Safitri, A. N., Subiki, & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Kopi pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi Di SMP. Jurnal Pendidikan fisika. 7(1), 22-29. http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v5i2.1476

Sari, F. P., Nikmah, S., Kuswanto, H., & Wardani, R. (2019). Developing Physics Comic Media a Local Wisdom: Sulamanda (Engklek) Traditional Game Chapter of Impulse and Momentum. Journal of Physics: Conference Series, 1-9. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1397/1/012013

Simanjuntak, J., & Tambunan, H. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Permainan Engklek Sebagai Media Pembelajaran Matematika (Etnomathematics: Exploration Of Engklek Games As A Mathematics Learning Media). Jurnal Ilmiah Fakultas Kip Universitas Quality, 5(2), 1-11. http://dx.doi.org/10.36764/jc.v5i2.664

Wulansari, N. I., & Admoko, S. (2021). Eksplorasi Konsep Fisika pada Tari Dhadak Merak Reog Ponorogo. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 163-172. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.163-172

Downloads

Published

2023-06-14

How to Cite

Febrianty, W. ., Saputra, R. D. ., Amri, H. A. ., Rahmat, F. N. ., Handayani, R. D. ., & Putra, P. D. A. . (2023). EKSPLORASI KONSEP FISIKA KESETIMBANGAN BENDA TEGAR PADA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN FISIKA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 109-120. https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2761