PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PANAS BUMI (PLTP) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI SUMBER ENERGI TERBARUKAN

Authors

  • Herliana Ariyanti Ewar Universitas Flores
  • Adrianus Nasar Universitas Flores
  • Yasinta Embu Ika Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2777

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan alat bantu mengajar untuk Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) dengan menggunakan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan yang digunakan berupa Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Validitas alat bantu mengajar tentang Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi diperolah melalui ahli isi, ahli media, dan kepraktisan diperoleh dari mahasiswa pendidikan fisika. Data penelitian dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan validitas Alat bantu mengajar untuk Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi pada bagian isi materi  berkategori sangat valid (94%), validitas sebagai media berkategori sangat valid (91%) dan kepraktisan berkategori sangat praktis (93%). Hal ini menunjukkan bahwa Alat bantu mengajar Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) adalah valid dan praktis untuk digunakan.

 

Kata Kunci: valid, praktis, addie, pembangkit listrik tenaga panas bumi

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Valid, Praktis, ADDIE, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

References

Ahluriza, P., & Harmoko, U. (2021). Analisis Pemanfaatan Tidak Langsung Potensi Energi Panas Bumi di Indonesia. JEBT:Jurnal Energi Baru & Terbarukan, 2, 53–59. https://doi.org/10.14710/jebt.2021.11075

Delita, F., Elfayetti, & Sidauruk, T. (2016). Peningkatan Soft Skills dan Hard Skills Mahasiswa melalui Project-Based Learning pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi, 8, 124–135. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jg.v8i2.5776

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Fuada, S. (2015). Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri (Issue 859).

Hasanah, T. A. N., Huda, C., & Kurniawati, M. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasisi Problem Based Learning (PBL) pada Materi Gelombang Bunyi untuk Siswa SMA Kelas XII. Momentum: Physisc Education Journal, 1, 56–65. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.1631

Kaleka, M., Dillah, F. (2018). Experimental-Based Scientific Approach toward the improvement of Science Process Skill and Scientific Attitudes of Grade X Student MAN Ende. Journal of Science Education Research (JSER). 2(1). 13-20

Kaleka, M.,Ika, Y.E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Berkarakter Model Inquiry untuk Siswa Kelas IX. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal). 4(1). 1-6

Kemdikbud. (2019a). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. kemdikbud.go.id

Kemdikbud. (2019b). Laporan Hasil Ujian Nasional. Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id

Kholiq, I. (2015). Pemanfaatan Energi Alternatif Sebagai Energi Terbarukan untuk Mendukung Substitusi BBM. Jurnal IPTEK, 19, 75–91. https://doi.org/https://doi.org/10.31284/j.iptek.2015.v19i2.12

Miroah, Budi, E., & Serevina, V. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Energi Terbarukan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV, 11–16. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/index

Nabila, L. (2018). Pengembangan Alat Peraga Fisika berbahan Bekas Pakai sebagai Wujud Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik SMPN/MTsN Kabupaten Pesisir Barat. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sanjaya, L. A., Budi, A. S., & Astra, I. M. (2016). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA ENERGI TERBARUKAN. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016, V, 45–48. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/0305010210

Sari, S. P., Siregar, E. F. S., & Lubis, B. S. (2021). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Model Flipped Learning untuk Meningkatkan 6C For HOTS Mahasiswa PGSD UMSU. Jurnal Basicedu, 5, 3460–3471. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1334

Wahyuningsih, R. (2005). Potensi dan Wilayah Kerja Pertambangan Panas Bumi di Indonesia.

Widiatmoko, F. R. (2019). Pendekatan Analisa Geokimia dengan Multivariate Analysis untuk Mengetahui Tipe Mata Air Panas: Studi Kasus Lapangan Panas Bumi Mapos, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Iptek Media Komunikasi Teknologi, 23, 71–78. https://doi.org/https://doi.org/10.31284/j.iptek.2019.v23i2.518

Zulhendra, Fauzi, A., & Ratnawulan. (2016). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Terintegrasi Energi Panas Bumi terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika dalam Pembelajaran Ideal Problem Solving pada Materi Usaha, Energi, Momentum dan Impuls di Kelas XI SMAN 10 Padang. Pillar Of Physics Education, 7, 113–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/1997171074

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Ewar, H. A., Nasar, A., & Ika, Y. E. (2023). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PANAS BUMI (PLTP) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI SUMBER ENERGI TERBARUKAN . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 128-139. https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2777