ANALISIS EFEKTIVITAS E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA SMA

Authors

  • Nurul Fitria Universitas Jember
  • Rahmatul Ula Asshaumi Universitas Jember
  • Yusinta Dewi Amalia Putri Universitas Jember
  • Netty Berliana Herman Universitas Jember
  • Rif’ati Dina Handayani Universitas Jember
  • Pramudya Dwi Aristya Putra Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2792

Abstract

Ilmu fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sangat abstrak, sehingga sangat diperlukan media pembelajaran sebagai penunjang dalam pembelajaran fisika. Sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu e-learning. E-Learning merupakan sebuah pendekatan dari pembelajaran elektronik yaitu sebuah proses pembelajaran yang penyampaian materinya melalui diskusi, ujian dan lain-lain. Penelitian ini membahas tentang efektivitas e-learning sebagai media pembelajaran fisika di SMA Nasional Malang. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh 41 siswa SMA dengan peminatan IPA. Berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 78,6% siswa telah menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran fisika. Mayoritas siswa (59,9%) mengakses platform e-learning hanya sekali dalam seminggu. Siswa menyatakan bahwa e-learning cukup membantu (59,1%) dalam pemahaman konsep fisika, dan kualitas konten pembelajaran fisika di e-learning dinilai baik oleh 52,3% siswa. Interaksi antara guru dan siswa dalam e-learning dianggap cukup memadai oleh 69,8% siswa. Penggunaan multimedia (video, gambar, animasi) dalam e-learning dinilai membantu pemahaman konsep fisika oleh sebagian besar siswa (47,6% cukup baik, 35,7% sangat membantu). Siswa juga menganggap e-learning cukup fleksibel dalam waktu belajar (68,3%) dan memberikan kesempatan untuk latihan dan pengulangan materi fisika (65,1%). Selain itu, sebagian siswa (44,2%) menyatakan bahwa e-learning membantu meningkatkan motivasi dalam belajar fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Media Pembelajaran, E-Learning, Ilmu Fisika

References

Affandi, M. R., M. Widayanti., Y. B. Bhakti. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 9(2):50-157

Agusti, N. M., dan Aslam. 2022. Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(4):5794-5800

Agustin, Iva Ning Nur, and Achmad Supriyanto. 2020 "Permasalahan Pendidikan Di Indonesia." Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19.

Assiddiqi, B. A., Nuraini, L., Murniati, M. E., Azura, S. H., Safitri, V., & Yuliyantika, Y. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran E-Learning Berbantuan Website Berdu. Id Pokok Bahasan Etnofisika. Jurnal Education And Development. 11(2): 95-100.

Deno, M. E., Kaleka, M. B. U., & Harso, A. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 19. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110-116. https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.702

Harefa, A. R. 2019. Peran ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Warta Dharmawangsa, 13(2).

Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan. 7(1):68-73.

Kaleka, M.B.U., Ika, Y.E & Deno, M. E., (2020). Studi Kasus Manajemen Sistem Pembelajaran Google Classroom Pada Perkuliahan Alat Ukur Fisika. Jurnal Pendidikan Sasins Universitas Muhammadiyah Semarang. 8(2), 159-164.

Kurniawati, F. N. A. 2022. Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13.

Melanda, D., A. Surahman., dan T. Yulianti. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Kelas IV Berbasis Web (Studi Kasus: SDN 02 Sumberejo). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi. 4(1):28-33

Nikat, R. F., Loupatty, M., & Zahroh, S. H. 2021. Kajian Pendekatan Multirepresentasi dalam Konteks Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika. 1(2): 45-53.

Setiawan, L. D. 2020. Permasalahan Pendidikan Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. 4(1).

Suhardiman., N. Asni., A. I. P. Abrar., U. Hasanah. (2022). Meta Analisis Pengaruh Media Simulasi E-Learning PhET terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 12(3): 779-791

Sumaeni, B., Sutrio., dan I. W. Gunada. (2022). Pengembangan E-Learning Fisika Berbasis Masalah Berbantuan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(3c):13-20

Riskiono, S. D., & Pasha, D. (2020). Analisis Metode Load Balancing Dalam Meningkatkan Kinerja Website E-Learning. Jurnal Tekno Info, 14(1), 22-26.

Wulandari, A. P., A. A. Salsabila., K. Cahyani., T. S. Nurazizah., Z. Ulfiah. 2023. Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education. 5(2): 3928-3936

Wulandari, T., dan A. Mudinillah. 2022. Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah. 2(1):115

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Fitria, N., Asshaumi, R. U. ., Putri, Y. D. A. ., Herman, N. B. ., Handayani, R. D. ., & Putra, P. D. A. . (2023). ANALISIS EFEKTIVITAS E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA SMA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 167-176. https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2792