MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN INDIVIDUAL DI SMPN 7 NANGAPANDA
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.282Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru-guru di SMPN 7 Nangapanda khususnya pada bidang adminitrasi pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 10 orang guru. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, kuesioner dan wawancara. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah; (1) terdapat peningkatan kinerja guru bidang administrasi pembelajaran yaitu ditunjukkan dari hasil yang diperoleh pada siklus I dimana dari 4 orang guru yang tuntas (40%) meningkat menjadi 10 orang telah tuntas (100%). (2) ada peningkatan kinerja guru bidang pelaksanaan pembelajaran yaitu ditunjukkan dari hasil yang diperoleh pada siklus I dimana 7 orang guru yang tuntas (70%) meningkat menjadi 10 orang telah tuntas (100%).
Downloads
Keywords:
Kinerja Guru, Supervisi Kepala Sekolah, Pendekatan IndividualReferences
Astuti, S. (2016). PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PENILAIAN DI SD LABORATORIUM UKSW. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p117-126
E. Mulyasa. (2013). uji kompetensi dan penilaian kinerja guru. In uji kompetensi dan penilaian kinerja guru.
Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2009). Supervision and instructional leadership: A developmental approach. British Journal of Hospital Medicine.
Handani, W. (2015). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Kreasi Edukasi.
Iriawan, H. (2017). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Sosial Guru Di SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik.
Kurnia, I. (2011). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Kegiatan Supervisi Kepala Sekolah [Improvement of Teacher Performance Through Headmaster Supervision Activities]. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan (J-VIP).
Mardhiah, A., & Usman, N. (2014). PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 3 PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah.
Purnomo, B. H. (2011). Metode dan teknik pengumpulan data dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pengembangan Pendidikan.
Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). PENGEMBANGAN PROFESI GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109
Suhardan, D. (2010). Supervisi Profesional Layanan Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Kantor Pengacara Dan Konsultan Hukum “Prof. Oemar Seno Adji Dan Rekan” Jakarta 2002.
Supadi. (2019). Kinerja Guru. In Ijrm.
Suparmi, P. (2019). PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19179
SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, PROFESIONALISME GURU DAN MUTU PENDIDIKAN. (2017). Jurnal Administrasi Pendidikan.
Uno, H. H. B., Lamatenggo, Nina, Satria, & koni. (2010). Desain Pembelajaran. DESAIN PEMBELAJARAN Pengertian.
Werang, B. R. (2018). Pengaruh Keterampilan Managerial Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Komitmen Kerja Guru Sekolah Dasar Kristen di Kabupaten Boven Digoel. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2650
Winaryo, W., Miyono, N., & Retnaningdyastuti, R. (2017). PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS SEKOLAH DI KABUPATEN PEMALANG. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP). https://doi.org/10.26877/jmp.v5i3.1939
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi