ANALISIS EFEKTIVITAS VIRTUAL LABORATORIUM AMRITA DALAM MENJALANKAN PRAKTIKUM PEGAS DAN HUBUNGAN VARIABEL DALAM KONTEKS HUKUM HOOKE

Authors

  • Ayu Kusuma Wardani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Adam Malik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.2952

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas virtual laboratorium Amrita dalam menjalankan praktikum pegas, hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat pada materi pegas, dan kecocokan hasil praktikum dengan teori dasar pegas, yaitu Hukum Hooke. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatak kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan massa atau beban yang diberikan pada pegas berbanding lurus dengan perubahan atau peregangan pegas  saat konstanta pegas dibuat konstan sebesar 30 N/m dan pengaruh konstanta juga berbanding terbalik dengan perubahan atau peregangan pegas  saat massa atau beban pegas dibuat konstan sebesar 0,15 Kg. Kesimpulannya adalah Laboratorium virtual Amrita merupakan alternatif yang sesuai dan efisien bagi sekolah yang memiliki keterbatasan laboratorium konvensional dalam melakukan eksperimen pegas. Dalam konteks ini, laboratorium virtual Amrita telah berhasil menghasilkan data eksperimen pegas yang akurat dan sesuai dengan Hukum Hooke, yang merupakan dasar teori yang digunakan dalam praktikum pegas.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Efektivitas, Hukum Hooke, Praktikum pegas, Virtual laboratorium

References

Azhari, F., & Zariatin, D. L. (2021). Rancang Bangun Alat Ukur Tinggi Automatic Tight-Lock Coupler Kereta MRT Jakarta Berbasis Arduino. SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi Dan Riset Terapan), 3, 85–91.

Berliani, T., Wahyuni, R., & Lenny, R. (2021). Implementasi Supervisi Akademik dalam Rangka Peningkatan Profesionalisme Guru Masa Pandemi Covid 19 di SDN 5 Langkai Kota Palangka RayA. Equity in Education Journal, 3(1), 1–10.

Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani, M. (2019). Model pembelajaran project based learning berbasis STEM pada pembelajaran fisika. Fkip E-Proceeding, 4(1), 1–4.

Febi, Y. S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Schoology dan Google Classroom terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Generik Sains Siswa.

Gare, O. B., Lolowang, J., & Polii, J. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Deviasi Dan Indeks Bias Prisma Berbasis Laboratorium Virtual. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 37–43.

Harefa, D., & Sarumaha, M. (2020). Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Sejak Dini. Pm Publisher.

Hidayatulloh, A. (2020). Analisis kesulitan belajar fisika materi elastisitas dan hukum hooke dalam penyelesaian soal–soal fisika. Kappa Journal, 4(1), 69–75.

Hidayatulloh, A. (2020). Analisis kesulitan belajar fisika materi elastisitas dan hukum hooke dalam penyelesaian soal–soal fisika. Kappa Journal, 4(1), 69–75.

Kusumah, H., & Pradana, R. A. (2019). Penerapan trainer interfacing mikrokontroler dan internet of things berbasis esp32 pada mata kuliah interfacing. Journal Cerita, 5(2), 120–134.

Mauliana, M. I., & Sofia, N. (2022). MODUL PRAKTIKUM FISDAS: Praktikum Online Penunjang Penunjang Perkuliahan Fisika Dasar. Umsida Press, 1–36.

Pahmi, S., Hudaya, C., & Jaya, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tefa (Teaching Factory) Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 9(1), 1–15.

Saputra, A. K. (2023). Keterbelakangan Kualitas Pendidikan Di Indonesia.

Sariasih, N. M. (2023). Penerapan model pembelajaran sscs untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Mengwi. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(4), 581–591.

Simarmata, M. G. P. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasiskan Pendekatan Saintifik Berbantuan Laboratorium Virtual Amrita Olabs Pada Materi Elastisitas Di SMAN 1 Bilah Hulu. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 11(02).

Sugiarto, T. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika (Vol. 550259). cv. Mine.

Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Dinata, Z. P., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18–22.

Downloads

Published

2023-08-24

How to Cite

Kusuma Wardani, A., & Malik, A. . (2023). ANALISIS EFEKTIVITAS VIRTUAL LABORATORIUM AMRITA DALAM MENJALANKAN PRAKTIKUM PEGAS DAN HUBUNGAN VARIABEL DALAM KONTEKS HUKUM HOOKE. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 200-208. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.2952