PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PENGUKURAN FISIKA KELAS X SMAN 1 TARIK SIDOARJO: ANALISIS HASIL IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Mohd Zaidi Bin Amiruddin Universitas Negeri Surabaya
  • Achmad Samsudin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Suliyanah Suliyanah Universitas Negeri Surabaya
  • Titin Sunarti Universitas Negeri Surabaya
  • Afaurina Indriana Safitri Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3148

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka saat ini menjadi salah satu yang sangat diperhatikan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Dengan begitu penting untuk membahas kondisi yang terjadi di lapangan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil pembelajaran peserta didik berdasarkan kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan selama kegiatan PLP mahasiswa di SMAN 1 Tarik Sidoarjo khususnya pada pembelajaran fisika dan umumnya pada seluruh kelas X.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan wawancara. Data penelitian dideskripsikan berdasarkan hasil belajar peserta didik dan hasil wawancara pada bapak/ibu guru dan mahasiswa. Data dianalisis dengan tahapan, (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan, (1) pembelajaran dengan memberi kebebasan pada peserta didik dapat memberi pengalaman belajar yang lebih bermakna, (2) kesiapan SMAN 1 Tarik masih belum maksimal dalam penerapan pembelajaran menggunakan Kurikulum Merdeka terkhusus pada SDM guru, (3) SMA 1 Tarik terus mengembangkan dan menginovasi pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka. Kedepannya, penting sekali untuk mempersiapkan baik secara SDM guru maupun kesiapan sekolah untuk Implementasi Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Kesiapan Sekolah, Merdeka Belajar

References

Agustiningsih, A. (2015). Video sebagai alternatif media pembelajaran dalam rangka mendukung keberhasilan penerapan kurikulum 2013 di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50-58.

Ali, M. (2019). Research Methods in Sustainability Education. Bandung:UPI Press

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889.

Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian teoritis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.

Creswell, J. W. (2014). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (A. Fawaid, Penerj.)

Dewi, R. Z. (2011). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen melalui pendekatan pembelajaran kuantum dan konstruktivisme ditinjau dari kreativitas siswa di SMP tahun ajaran 2009/2010.

Direktorat Sekolah Dasar. (2022). Luncurkan Kurikulum Merdeka Mendikbud Ristek. [Online]. Url: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/luncurkan-kurikulum-merdeka-mendikbudristek-ini-lebih-fleksibel

Febriani, A., Azizah, Y., & Setiawati, M. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Di MAN 1 Solok. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(4), 122-130.

Hasibuan, A. R. H., Aufa, A., Khairunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7411-7419.

Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52-75.

Jamil, M. M. (2019). Optimalisasi model ARCS dalam pembelajaran saintifik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada peminatan mata pelajaran geografi di kelas matematika ilmu alam. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 7-24.

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis kurikulum merdeka dalam mengatasi learning loss di masa pandemi Covid-19 (analisis studi kasus kebijakan pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150-5161.

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.

Kemdikbud. 2022. Pengertian Pengamatan Profil Pelajar Pancasila. [Online]. URL: https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/perkenalan/profil-pelajar-pancasila/pengertian/

Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408-423.

Kusyanti, R. N. T. (2023). Analisis Standarisasi Laboratorium Fisika dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Tempel. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 40-47.

Mariasih, M. (2021). Peralihan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Menuju Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Bagi Mahasiswa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan STKIP Kusuma Negara. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 158-166.

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.

Prayogo, S. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sosiologi melalui Model Pembelajaran Teams Assisted Individualization. Jurnal Analisis Sosial Politik, 6(2), 63-74.

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694-700.

Sari, L. (2019). Analisis Persepsi Peserta Didik tentang Metode Pembelajaran Fisika di SMAS Semen Tonasa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Susiani, I. W. (2022, November). Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Darur Rohmah Gandu Mlarak Ponorogo. In Proceeding: International Conference on Islamic Studies (ICIS) IAIN Ponorogo (pp. 296-306).

Wae, V. P. S. M., & Kaleka, M. B. U. (2022). Implementasi etnosains dalam pembelajaran ipa untuk mewujudkan merdeka belajar di kabupaten ende. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 206-216.

Wisnuputri, A. F., Izzulhaq, A., & Setiaji, B. (2023). LKPD hukum newton berbasis kearifan lokal nglarak blarak berbantuan phet. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 1-9.

Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip desain pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi Kedua. Kencana.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Bin Amiruddin, M. Z., Samsudin, A. ., Suliyanah, S., Sunarti, T., & Safitri, A. I. . (2023). PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PENGUKURAN FISIKA KELAS X SMAN 1 TARIK SIDOARJO: ANALISIS HASIL IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 348-355. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3148