IDENTIFIKASI POTENSI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT GOLEWA KABUPATEN NGADA SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN DI BIDANG PENDIDIKAN

Authors

  • Maria Waldetrudis Lidi Universitas Flores
  • Ningsih Universitas Flores
  • Yasinta Yenita Dhiki Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.332

Abstract

The objective of this research are (1) to find out the potentials of  Golewa community local wisdom which related to education , and (2) To describe the meaning of  Golewa local wisdom which related to education. The procedures have done in this research, (1) analysing the local wisdom potentials by using Miles and Huberman technique. The potentials of Ngada community local wisdom found such as Paruwitu, Trima, Adho/Wela Koti, and Kosubue. That local wisdom able to use in teaching and learning process based on topic of learning.

Keywords : Local Wisdom, Golewa Community, Education

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Local Wisdom, Golewa Community, Education

References

Alawiyah, F. (2012). Kebijakan dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan di Indonesia. Jurnal Aspirasi, 3 (1), 87-101. doi: 10.22212/aspirasi.v3i1.259

Azizah, I. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Gaya Di Kelas Iv Min Ngronggot Nganjuk. Dinamika Penelitian, 16 (2), 279-308. doi: 10.21274/dinamika.2016.16.2.

Diana, N. (2012). Manajemen Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Lampung (Analisis Eksploratif Mencari Basis Filosofis). Jurnal Analisis, XII (1), 183-208. doi: 10.24042/ajsk.v12i1.636

Laksana, D.N.L & Widiastika, I. G. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Masyarakat Flores. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2 (2), 151-162. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/549

Lickona, T. (2012). Character Matters. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lidi, M.W., Dhiki, Y.Y dan Ningsih. (2018, 20 October). The Development Of Science Learning Model Based On Local Wisdom Of Ngada Society At Elementary School Combined By Audio Visual Media. Paper presented at the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things, Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta, Indonesia. Publisher EAI 2019. doi: 10.4108/eai.19-10-2018.2282159

Maduriana, I. M., & Seniwati, N. P. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA SD Bermuatan Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Lisan Bali. Jurnal Kajian Bali, 5 (2), 369-390. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/kajianbali/article/view/16781

Muslimin, Putri, R. I. I & Somakim. (2012). Desain Pembelajaran Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Permainan Tradisional Congklak Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kreano, 3 (2), 100-112. doi: 10.15294/kreano.v3i2.2642

Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3 (2), 343- 358. doi: 10.22219/jipt.v3i2.3536

Normina. (2017). Pendidikan dalam Kebudayaan. Ittihad Jurnal Kopertis Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 17-28. Retrieved from https://ojs.uin-antasari.ac.id

Nur, H. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, 3 (1), 87-94. doi: 10.21831/jpk.v0i1.1290

Sebo, L., Adayani, & Subiyantoro, S. (2017). Nilai Pendidikan Karakter dan Kearifan Lokal Legenda Wae Reke Masyarakat Ngada, Nusa Tenggara Timur Dalam Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra Tingkat SLTP. Jurnal Aksara, 2 (1), 32-45. Retrieved from https://www.semanticscholar.org

UUD 1945 PASAL 28C ayat 1 dan 2, Hak Asasi Manusia.

UUD 1945 pasal 31 ayat 1 dan 2, Hak dan Kewajiban Warga Negara

Yudiwinata, H.P & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional Dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma, 2 (3), 1-5. Retrieved from https://ojs.jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

Zafi, A. A. (2017). Transformasi Budaya Melalui Lembaga Pendidikan (Pembudayaan dalam Pembentukan Karakter). Sosiohumaniora, 3 (2), 105-112. doi: 10.30738/sosio.v3i2.937

Zulnuraini. (2012). Pendidikan Budi pekerti: Konsep, Implementasi dan Pengembangannya di Sekolah Dasar di Kota Palu. Jurnal DIKDAS, 1 (1),-. Retrieved from https://adoc.tips

Downloads

Published

2020-06-15

How to Cite

Lidi, M. W., Ningsih, & Dhiki, Y. Y. (2020). IDENTIFIKASI POTENSI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT GOLEWA KABUPATEN NGADA SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN DI BIDANG PENDIDIKAN. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 21-29. https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.332

Issue

Section

Articles