RANCANGAN ACAK LENGKAP (RAL) DENGAN UJI ANOVA DUA JALUR

Authors

  • Ana Silfiani Rahmawati Universitas Flores
  • Richie Erina Universitas Darma Agung Medan

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.333

Abstract

Artikel ini membahas tentang Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan uji anova (anova dua jalur). Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research), dimana menekankan pada elaborasi interpretasi tanpa bergantung pada pengukuran secara numerik. RAL merupakan rancangan yang paling sederhana diantara rancangan percobaan yang baku. Keuntungan menggunakan RAL antara lain: perancangan dan pelaksanaannya mudah; analisi data relatif mudah; fleksibel dalam hal jumlah perlakuan; terdapat alternatif analisis nonparametrik yang sesuai. RAL juga memiliki beberapa kekurangan yaitu: tingkat presisi percobaan mungkin tidak memuaskan kecuali unit percobaan homogen; hanya sesuai untuk jumlah perlakuan yang tidak terlalu banyak; pengulangan percobaan mungkin tidak konsisten (lemah) apabila unit percobaan tidak homogen. ANOVA sebenarnya sebuah bentuk yang lebih umum dari t-test yang sesuai digunakan dengan tiga atau lebih kelompok (juga dapat digunakan dengan dua kelompok). Tujuan dan pengujian anova dua arah ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari berbagai kriteria yang diuji terhadap hasil yang diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Rancangan Acak Lengkap, Anova Dua Jalur, Anova

References

Bakdash, J. Z., & Marusich, L. R. (2017). Repeated measures correlation. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00456

Cortina, J., & Nouri, H. (2012). Effect Size for ANOVA Designs. In Effect Size for ANOVA Designs. https://doi.org/10.4135/9781412984010

Gu, C. (2014). Smoothing spline ANOVA models: R package gss. Journal of Statistical Software. https://doi.org/10.18637/jss.v058.i05

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode Kuantitatif Aplikasi Dalam pendidikan. In Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan.

Harmon, M., Skow, B., Simonson, P., Peck, J., Craig, R. T., Jackson, J. P., Simonson, P., Peck, J., Craig, R. T., Jackson, J. P., Pointon, D., Sugiyono, A., Thiel, C., Priyono, Sugiyono, S., Bentley, J. L., Van Fraassen, B. C., Creswell, John W. Edition, T., Hirschberg, W., … McCrae, R. R. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. In Philosophy of Science. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1007/978-1-4419-8580-4_5

Hinkelmann, K. (2012). Design and Analysis of Experiments. In Design and Analysis of Experiments. https://doi.org/10.1002/9781118147634

Ismail, F. (2018). Statistika untuk penelitian pendidikan dan ilmu-ilmu sosial. Prenadamedia Group.

Ispriyanti, D. (2007). Pendekatan Regresi Untuk Analisis Ragam Klasifikasi Dua-arah. Jurnal Matematika Undip.

Judd, C. M., McClelland, G. H., Ryan, C. S., Judd, C. M., McClelland, G. H., & Ryan, C. S. (2018). Repeated-Measures ANOVA. In Data Analysis. https://doi.org/10.4324/9781315744131-11

Murdiyanto, B. (1999). Rancangan Percobaan. Metodologi Penelitian Bidang Kedokteran.

Nugroho, S. (2017). Metode Kuantitatif. In UNIB Press.

Riduwan. (2010). Dasar Dasar Statistika. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan.

Rosenblad, A. (2009). Applied Multivariate Statistics for the Social Sciences, Fifth Edition by James P. Stevens. International Statistical Review. https://doi.org/10.1111/j.1751-5823.2009.00095_13.x

Sarmanu. (2017). Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Statistika. In Airlangga University Press.

Siregar, S. (2017). Statistika Parametik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. In Statistika Parametik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17.

Syofian Siregar. (2013). Statistika parametrik untuk penelitian kuantitatif. In Bumi aksara.

Downloads

Published

2020-06-20

How to Cite

Rahmawati, A. S., & Erina, R. (2020). RANCANGAN ACAK LENGKAP (RAL) DENGAN UJI ANOVA DUA JALUR. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 54-62. https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.333

Issue

Section

Articles