PENGEMBANGAN MODUL AJAR PADA PERKULIAHAN THERMODINAMIKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM THERMODINAMIKA

Authors

  • Ana Silfiani Rahmawati Universitas Flores
  • Ida Hamidah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Achmad Samsudin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3341

Abstract

Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari perubahan energi, panas, dan kerja dalam suatu sistem. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dimana yang dikembangkan adalah modul ajar. Penelitian ini menggunakan model 3D+1I (Defining, Designing, Developing, and Implementation). Hasilnya menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata penilaian sebesar 85% dan praktis untuk digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian awal yang dapat digunakan untuk pengembangan penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Modul Ajar, Thermodinamika, Penguasaan Konsep

References

Amin, M. (1987). Mengajar IPA dengan Menggunakan Metode Discovery dan Inquiry Bagian I. Jakarta: Depdikbud

Chan, K. K., & Leung, S. W. (2014). Dynamic geometry software improves mathematical achievement: Systematic review and meta-analysis. Journal of Educational Computing Research, 51(3), 311–325. https://doi.org/10.2190/EC.51.3.c

Cochran, M. J., & Heron, P. R. L. (2006). Development and assessment of research-based tutorials on heat engines and the second law of thermodynamics. American Journal of Physics, 74(8), 734–741. https://doi.org/10.1119/1.2198889

Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). Synthesis of discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 10(2). https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.10.020119

Hung, J. F., & Tsai, C. Y. (2020). The effects of a virtual laboratory and meta-cognitive scaffolding on students’ data modeling competences. Journal of Baltic Science Education, 19(6), 923–939. https://doi.org/10.33225/jbse/20.19.923

Kautz, C. H., Heron, P. R. L., Loverude, M. E., & McDermott, L. C. (2005). Student understanding of the ideal gas law, Part I: A macroscopic perspective. American Journal of Physics, 73(11), 1055–1063. https://doi.org/10.1119/1.2049286

Liliasari. (2002) Pengembangan Model pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Strategi Kognitif Mahasiswa Calon Guru dalam Menerapkan Berfikir Konseptual Tingkat Tinggi (studi pengembangan berfikir kritis dan kreatif), Laporan penelitian hibah bersaing IX, 2002.

Lin, S. Y., & Singh, C. (2011). Using isomorphic problems to learn introductory physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 7(2). https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.7.020104

Loverude, M. E., Kautz, C. H., & Heron, P. R. L. (2002). Student understanding of the first law of thermodynamics: Relating work to the adiabatic compression of an ideal gas. American Journal of Physics, 70(2), 137–148. https://doi.org/10.1119/1.1417532

Morain, M., & Swarts, J. (2012). Yoututorial: A framework for assessing instructional online video. Technical Communication Quarterly, 21(1), 6–24. https://doi.org/10.1080/10572252.2012.626690

Nisa, U. ., Yuliani, H., Syar, N. I., & Nastiti, L. R. (2021). META ANALISIS PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SIGIL PADA PEMBELAJARAN FISIKA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 64-73. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.960

Rahmawati, S. ., Paradia, P. A., & Noor, F. M. (2021). META ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN IPA SMP/MTS BERBASIS VIRTUAL REALITY. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 12-25. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.752

Ramadhani, W. N., Aristya Putra, P. D. ., & Novenda, I. L. . (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ENGINEERING DESIGN PROCESS (EDP) PADA TOPIK PEMANASAN GLOBAL DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 1-13. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1062

Smith, T. I., Christensen, W. M., Mountcastle, D. B., & Thompson, J. R. (2015). Identifying student difficulties with entropy, heat engines, and the Carnot cycle. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 11(2). https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.020116

Sriyansyah, S. P., & Suhandi, A. (2016). Development of a representational conceptual evaluation in the first law of thermodynamics. Journal of Physics: Conference Series, 739(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/739/1/012125

Sumarni, R. A. ., Kumala, S. A. ., & Widiyatun, F. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN KARTU DOMINO PADA POKOK BAHASAN FISIKA GERAK. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 227-236. https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.2226

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Rahmawati, A. S., Hamidah, I., & Samsudin, A. . (2023). PENGEMBANGAN MODUL AJAR PADA PERKULIAHAN THERMODINAMIKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM THERMODINAMIKA . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 466-471. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3341