PENGEMBANGAN MODUL AJAR PADA PERKULIAHAN THERMODINAMIKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM THERMODINAMIKA
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3341Abstract
Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari perubahan energi, panas, dan kerja dalam suatu sistem. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dimana yang dikembangkan adalah modul ajar. Penelitian ini menggunakan model 3D+1I (Defining, Designing, Developing, and Implementation). Hasilnya menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata penilaian sebesar 85% dan praktis untuk digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian awal yang dapat digunakan untuk pengembangan penelitian selanjutnya.
Downloads
Keywords:
Modul Ajar, Thermodinamika, Penguasaan KonsepReferences
Amin, M. (1987). Mengajar IPA dengan Menggunakan Metode Discovery dan Inquiry Bagian I. Jakarta: Depdikbud
Chan, K. K., & Leung, S. W. (2014). Dynamic geometry software improves mathematical achievement: Systematic review and meta-analysis. Journal of Educational Computing Research, 51(3), 311–325. https://doi.org/10.2190/EC.51.3.c
Cochran, M. J., & Heron, P. R. L. (2006). Development and assessment of research-based tutorials on heat engines and the second law of thermodynamics. American Journal of Physics, 74(8), 734–741. https://doi.org/10.1119/1.2198889
Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). Synthesis of discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 10(2). https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.10.020119
Hung, J. F., & Tsai, C. Y. (2020). The effects of a virtual laboratory and meta-cognitive scaffolding on students’ data modeling competences. Journal of Baltic Science Education, 19(6), 923–939. https://doi.org/10.33225/jbse/20.19.923
Kautz, C. H., Heron, P. R. L., Loverude, M. E., & McDermott, L. C. (2005). Student understanding of the ideal gas law, Part I: A macroscopic perspective. American Journal of Physics, 73(11), 1055–1063. https://doi.org/10.1119/1.2049286
Liliasari. (2002) Pengembangan Model pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Strategi Kognitif Mahasiswa Calon Guru dalam Menerapkan Berfikir Konseptual Tingkat Tinggi (studi pengembangan berfikir kritis dan kreatif), Laporan penelitian hibah bersaing IX, 2002.
Lin, S. Y., & Singh, C. (2011). Using isomorphic problems to learn introductory physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 7(2). https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.7.020104
Loverude, M. E., Kautz, C. H., & Heron, P. R. L. (2002). Student understanding of the first law of thermodynamics: Relating work to the adiabatic compression of an ideal gas. American Journal of Physics, 70(2), 137–148. https://doi.org/10.1119/1.1417532
Morain, M., & Swarts, J. (2012). Yoututorial: A framework for assessing instructional online video. Technical Communication Quarterly, 21(1), 6–24. https://doi.org/10.1080/10572252.2012.626690
Nisa, U. ., Yuliani, H., Syar, N. I., & Nastiti, L. R. (2021). META ANALISIS PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SIGIL PADA PEMBELAJARAN FISIKA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 64-73. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.960
Rahmawati, S. ., Paradia, P. A., & Noor, F. M. (2021). META ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN IPA SMP/MTS BERBASIS VIRTUAL REALITY. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 12-25. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.752
Ramadhani, W. N., Aristya Putra, P. D. ., & Novenda, I. L. . (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ENGINEERING DESIGN PROCESS (EDP) PADA TOPIK PEMANASAN GLOBAL DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 1-13. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1062
Smith, T. I., Christensen, W. M., Mountcastle, D. B., & Thompson, J. R. (2015). Identifying student difficulties with entropy, heat engines, and the Carnot cycle. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 11(2). https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.020116
Sriyansyah, S. P., & Suhandi, A. (2016). Development of a representational conceptual evaluation in the first law of thermodynamics. Journal of Physics: Conference Series, 739(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/739/1/012125
Sumarni, R. A. ., Kumala, S. A. ., & Widiyatun, F. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN KARTU DOMINO PADA POKOK BAHASAN FISIKA GERAK. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 227-236. https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.2226
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi