IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 ENDE TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.336Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi langkah-langkah pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ende tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ende tahun pelajaran 2017/2018. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran IPA sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah aktivitas-aktivitas guru dalam langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kegiatan guru pada langkah mengamati 81,25%, menanya 88,88%, mengumpulkan informasi 80%, menalar 60%, serta mengkomunikasikan 100%. Rata-rata persentase kegiatan guru dalam implementasi pendekatan saintifik adalah 82,03% dengan kriteria sangat baik.
Downloads
Keywords:
implementasi, pendekatan saintifik, prestasi belajarReferences
Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ika B. Utami. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas II SDN Prembulan, Pandowan, Galur, Kulon Progo. Yokyakarta: UNY
Ika, M & Lala, F. (2015). Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Yokyakarta: CV Budi Utama.
Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 103 tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta:Kemdikbud.
. (2016). Permendikbud No.22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
. (2017). Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud
. (2017). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud
Mela, Darmayanti. (2015). Analisis Pertanyaan dan Strategi Bertanya Guru Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Bandung: UPI
Musfiqon & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: CV NLC
Ni Luh, Nyoman S & Ida Bagus P. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 Di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Vol. 03 Tahun 2014.
Patta, Bundu. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Jakarta: Kemendikbud
Ratumanan. (2015). Inovasi Pembelajaran. Yokyakarta: Ombak
Rusindrayanti & Rusgiato Santoso. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik Mapel Matematika Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 10(1) Tahun 2015
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Versions
- 2020-08-26 (2)
- 2019-12-02 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi