This is an outdated version published on 2019-12-02. Read the most recent version.

IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 ENDE TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Yuventinus Wangga SMKK Muktiaca
  • Adrianus Nasar Universitas Flores
  • An Nisaa Al Mu'Min Liu Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi langkah-langkah pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ende tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ende tahun pelajaran 2017/2018. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran IPA sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah aktivitas-aktivitas guru dalam langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kegiatan guru pada langkah mengamati 81,25%, menanya 88,88%, mengumpulkan informasi 80%, menalar 60%, serta mengkomunikasikan 100%. Rata-rata persentase kegiatan guru dalam implementasi pendekatan saintifik adalah 82,03% dengan kriteria sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

implementasi, pendekatan saintifik, prestasi belajar

References

Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ika B. Utami. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas II SDN Prembulan, Pandowan, Galur, Kulon Progo. Yokyakarta: UNY

Ika, M & Lala, F. (2015). Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Yokyakarta: CV Budi Utama.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 103 tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta:Kemdikbud.

. (2016). Permendikbud No.22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

. (2017). Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud

. (2017). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud

Mela, Darmayanti. (2015). Analisis Pertanyaan dan Strategi Bertanya Guru Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Bandung: UPI

Musfiqon & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: CV NLC

Ni Luh, Nyoman S & Ida Bagus P. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 Di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Vol. 03 Tahun 2014.

Patta, Bundu. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Jakarta: Kemendikbud

Ratumanan. (2015). Inovasi Pembelajaran. Yokyakarta: Ombak

Rusindrayanti & Rusgiato Santoso. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik Mapel Matematika Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 10(1) Tahun 2015

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2019-12-02

Versions

How to Cite

Wangga, Y., Nasar, A., & Liu, A. N. A. M. (2019). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 ENDE TAHUN PELAJARAN 2017/2018. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 17-24. https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.336

Issue

Section

Articles