PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM GERAK PARABOLA MENGGUNAKAN KIT PELONTAR FIXED INITIAL VELOCITY

Authors

  • Prudensius Ivo Maldo Eba Universitas Flores
  • Aloisius Harso Universitas Flores
  • Richardo Barry Astro Universitas Flores
  • Antonia Fransiska Laka Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3378

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul praktikum gerak parabola dengan menggunakan kit pelontar fixed initial velocity yang layak digunakan sebagai sistem percobaan fisika kelas XI untuk mendukung pembelajaran berbasis projek berdasarkan karakteristik kurikulum Merdeka 2022. Penelitian ini dilakukan melalui 5 tahapan ADDIE. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dan angket siswa. Produk dikembangkan dan diuji validitas oleh 2 dosen sebagai ahli media dan 2 guru Mata pelajaran Fisika SMA sebagai ahli materi. Respon siswa sebanyak 36 orang digunakan untuk menentukan tingkat kepraktisan modul. Pedoman dalam pengambilan kesimpulan dari analisis data menggunakan skala kualifikasi untuk menentukan kesimpulan dari persentase validitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Modul praktikum gerak parabola dengan menggunakan kit pelontar fixed initial velocity dapat mendukung pembelajaran fisika di SMA kelas XI fase F karena layak secara media (92,75%, sangat valid, dapat digunakan tanpa revisi) dan layak secara materi (77,60%, valid, dapat digunakan namun perlu revisi). Modul praktikum gerak parabola ini juga memiliki kualitas instruksional dan praktis sebagai sistem percobaan fisika untuk digunakan oleh peserta didik, dengan rerata persentase sangat setuju sebesar 88,57%.Modul praktikum gerak parabola.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Modul Praktikum, Fixed initial Velocity, Kurikulum Merdeka

References

Ahzari, S., Andini, K., Nabila, P., & Januarizky, R. (2021). Meta-analisis Pengaruh Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, Vol. 6, No. 3, Juli 2021, 6(3), 223–230. https://doi.org/10.36709/jipfi.v6i3.18712

Allain, R. (2012). Do Rubber bands Act Like Springs? Retrieved April 25, 2023, from https://www.wired.com/2012/08/do-rubber-bands-act-like-springs/

Astro, R. B., Doa, H., & Meke, K. D. P. (2021). Pengembangan Petunjuk Praktikum Gaya Gesek Di Bidang Miring Berbasis Video Tracking Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7, 335–342.

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245–252. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21426

Elvianasti, M., Lufri, Azrizal, & Rikisaputra. (2022). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia: Suatu Meta-Analisis. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 390–398. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1819

Escobar, I., Arribas, E., Ramirez-Vazquez, R., & Beléndez, A. (2022). Projectile motion revisited: Does the distance between the launcher and the object always increase? Journal of King Saud University - Science, 34(3), 101842. https://doi.org/10.1016/j.jksus.2022.101842

Fuada, S. (2015). Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) Untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, (November), 854–861.

Furkan, H., Yusrizal, Y., & Saminan. (2016). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Bukit Benar Meriah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 04, 124–129.

Husna, M., Amahoru, A. H., Azmi, U., & Nurhasan. (2015). Spring-based Projectile Launcher sebagai Alat Praktikum untuk menentukan Konstanta Pegas dan Percepatan Gravitasi. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015, 409–412.

Irbah, A., & Asrizal. (2019). Pembuatan Tool Pemodelan Eksperimen Gerak Parabola Dengan Pengaturan Sudut Elevasi Untuk Analisis Video Tracker. Pillar of Physiscs, 12, 09–16.

Kemendikbudristek. (2022). Latar Belakang Kurikulum Merdeka. Retrieved April 9, 2023, from Pusat Informasi Guru Kemendikbud website: https://pusatinformasi.guru.kemendikbud.go.id/hc/en/us/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka

Meke, K. D. P., & Wondo, M. T. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Melalui Penggunaan Bahan Manipulatif. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 588–600. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.286

Purwono, U. (2008). Standar Penilaian Bahan Ajar. Jakarta: BNSP.

Radjawane, M. M., Tinambunan, A., & Jono, S. (2022). Fisika untuk SMA/MA Kelas XI (1st ed.; Aslizar, Ed.). Jakarta: Kemdikbudristek.

SEAQIL’s Team. (2020). HOTS-Oriented Module: Project Based Learning (1st ed.). Jakarta: SEAMEO QITEP in Language.

The Winfield collection. (2021). Ping pong ball launchers hardwere kit. Retrieved July 12, 2023, from TWC website: https://www.thewindfieldcollection.com/product/Ping-Pong-Ball-Blasters-Patteern

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Ivo Maldo Eba, P., Harso, A., Astro, R. B., & Laka, A. F. . (2023). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM GERAK PARABOLA MENGGUNAKAN KIT PELONTAR FIXED INITIAL VELOCITY. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 455-465. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3378