PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMAK NEGERI ENDE
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.3382Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh menggunakan metode pembelajaran Blended Learning terhadap pemahaman konsep fisika kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model group pretest – posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA SMAK Negeri Ende yang berjumlah 42 orang, dan sampel penelitian berjumlah 21 orang yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa nilai pemahaman konsep fisika materi suhu dan kalor. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika menggunakan metode blended learning lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika dibandingkan dengan pembelajaran fisika menggunakan metode ceramah (konvensional) hasil ini ditunjukan berdasarkan nilai signifikansi (Sig two-Tailed) < 0,05, maka Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah diberi metode pembelajaran Blended Learning.
Downloads
Keywords:
Blended learning, Pemahaman konsep FisikReferences
Ambiyar., Efendi, R., Irawati, Y., & Suryadimal. 2020. Effectiveness e-authentic assessment in computer network course. J. Phys. Conf. Ser, 1481:1–9.
Ayu, E. W., & Hariadi, E. 2017. Pengembangan Blended Learning dengan Strategi Flipped Classroom pada Mata Pelajaran Desain Multimedia di SMK PGRI Ploso. Jurnal IT-EDU, 2 (2):141-148.
Banyen, W., Viriyavejakul, C & Ratanaolarn, T. A blended learning model for learning achievement enhancement of thai undergraduate students. Int. J. Emerg. Technol. Learn, 11(4): 48–55.
Efendi, R., and Yulastri, A. 2019. Effectiveness of Collaborative Problem Based Learning Model of Learning Computer Network Courses. Proc. 5th UPI Int. Conf. Tech. Vocat. Educ. Train. (ICTVET 2018), 299:309–312.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Malang: Prestasi Pustaka.
Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339–2347.
Hermawanto, Kusairi, S., & Wartono. (2013). Pengaruh Blended Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(57), 67–76.
Nurhasanah. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dengan LKPD Berbasis MEA (Means End Analysis) Terhadap Miskonsepsi Pembelajaran Fisika Di SMKN Padang Cermin Kabupaten Pesawaran.
Saputra, R., Yuniarti, R., & Gunawan, G. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Implementasi Blended Learning di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Journal of Science and Social Research, 4(3), 283. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.675
Siregar, L. H. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Jurnal Education and Development, 7(1), 91–94.
Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043
Subagiyo, S. (2019). Penerapan Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Termokimia Siswa Sidiq Subagiyo Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lasem , Rembang. 1(1), 1–8. https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.1.3830
Tinesya, D., & Syafi’ah, R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroooom Terhadap Pemahaman Konsep Ipa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 145–151. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.256
Utami, H. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Addie.
Rizkiyah, A. 2015. Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan di Kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1):40-49.
Simarmata, J., Djohar, A, Purba, J. P. & Djuanda, E. A. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi SNITI, 2548- 4540.
Sukrawan, Y. 2018. Blended Learnig: an Experimental Study for Corrosion and Metals Coating Course. International Conference Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Indonesia, I3.87-I3.89.
Verawadina, A., Jalinus, U., Krismadinata, N., Widya, R.N., & Simeru. 2020. Needs Assessment of E-Learning Vocational Education. Int. J. Innov. Creat. Chang, 11(4):262–274.
Wardani, D. N., Toenlioe, A. J., dan Wedi, A. 2018. Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1):13-18
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Klaudia Sintia Rau, Ilyas Ilyas, Hamsa Doa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi