PRESTASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA KELAS XI FASE F: APAKAH BERHUBUNGAN DENGAN LITERASI? DIGITAL?

Authors

  • Nuri Simarona Universitas Tanjungpura
  • Haratua Tiur Maria Universitas Tanjungpura
  • Venny Karolina Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3384

Abstract

Literasi digital menjadi sebuah keniscayaan dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya pembelajaran fisika SMA. Penelitian ini bertujuan menentukan hubungan literasi digital yang meliputi komunikasi dan kolaborasi, berpikir kritis, melek data, melek teknologi informasi dan komunikasi, keamanan perangkat, dan keamanan data diri terhadap prestasi belajar fisika peserta didik kelas XI fase F yang memilih mata Pelajaran fisika di SMA Katolik Santu Petrus. Sebanyak 73 peserta didik diambil dari kelas XIF6 dan XIF8 dilibatkan sebagai subyek penelitian. Dengan menggunakan instrument G20 Toolkit for Measuring Digital Skills and Digital Literacy diperoleh data literasi digital peserta didik. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dan dianalisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Penelitian ini menghasilkan hubungan yang sangat lemah antara literasi digital dan prestasi belajar fisika. Penelitian ini menjadi bahan refleksi dan tindak lanjut bagi peserta didik, guru dan sekolah dengan mengoptimalkan penerapan literasi digital dalam pembelajaran dan melibatkan pemberdayaan literasi digital peserta didik untuk lebih terarah dan bermanfaat dalam pembelajaran dan kehidupannya sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Literasi Digital, Rank Spearman, Fisika

References

Aisyah, S., & Dewi, R. M. (2022). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Literasi Digital Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X-E3 SMA Negeri 3 Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(2), 139–147. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n2.p139-147

Akliahirfiarta, B. T. (2017). Literasi Digital pada Pegawai RSUD dr. Soetomo Surabaya Brilian Trofi Akhirfiarta 1 071311633083. Journal.Unair.Ac.Id. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-lna3e16b8d81full.pdf

Anggraeni, D. M., & Sole, F. B. (2018). E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 1(2), 57. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.101

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi 4c(Communication, Collaboration, Critical Thinking Dancreative Thinking) untuk menyongsong Era Abad 21. 66(3), 37–39.

Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.

Eshet-Alkalai, Y. (2004). Digital Literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in the Digital era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13, 93–106.

G20 Toolkit, I. (2022). G20 Toolkit for Measuring Digital Skills and Digital Literacy A Compilation of Reports Priority Issue 2-Digital Skills and Digital Literacy ii G20 Toolkit for Measuring Digital Skills and Digital Literacy Overview. 2.

Giovanni, F., & Komariah, N. (2020). Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 147. https://doi.org/10.21043/libraria.v7i1.5827

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.231-240

Nadliyah, A., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Kasiyun, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. Natural Science Education Research, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.5559

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Novanda, R. R. (2019). Hubungan Literasi Informasi Digital dengan Self Direct Learning Mahasiswa pada Daerah Miskin di Kepulauan Sumatra. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsipan, 21(1). https://doi.org/10.7454/jipk.v21i1.115

Pandemi, M., & Fadhillah, R. (2020). Penggunaan Teknologi dan Internet sebagai Media.

Putra, R. P., Ramadhanti, I., Andhika, S., Agustina, R. D., & Pitriana, P. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Literasi Digital Praktikum Virtual Fisika pada Sudut Pandang Gender Mahasiswa. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 7(1), 46–51. https://doi.org/10.17509/wapfi.v7i1.42767

Rahayu, T., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2019). Pengembangan Media Website Hybrid Learning berbasis Kemampuan Literasi Digital dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 130. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1567

Rahmadi, I. F., & Hayati, E. (2020). Literasi Digital, Massive Open Online Courses, dan Kecakapan Belajar Abad 21 Mahasiswa Generasi Milenial. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1), 91. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2486

Sanders, D. H., & Smidt, R. K. (2000). Statistics: A first Course (6th ed.). McGraw-Hill.

Shahida, S. P., Maksum, A., & Supriatna, A. R. (2021). Modul Literasi Sains Berbasis Pembelajaran Daring. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 162–171.

Soraya, S. M., Kurjono, K., & Purnamasari, I. (2023). Pengaruh Literasi Digital Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderator. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 681–687. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4537

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Conference Series Journal, 1(1), 1–7. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/14284

Sunarti, T., Wasis, W., Setyarsih, W., Zainudin, A., & Jauhariyah, M. N. R. (2021). Analysis of the Development of Critical Thinking Instruments Test in Physics. International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021), 209(Ijcse), 627–634.

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11–16. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453

Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908

Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi Penggunaan Media Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 39. https://doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1448

Wenno, I. H., Esomar, K., & Sopacua, V. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dan Pencapaian Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3), 378–385. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10706

Widodo, A., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Digital Berbasis Android Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Sma N 1 Jetis Pada Materi Pokok Keseimbangan Benda Tegar Pocket Book Learning Media Development Based on Digital an. Jurnal Pendidikan Fisika, 6, 148

Yusliani, E., Burhan, H. L., & Nafsih, N. Z. (2019). Analisis Integrasi Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Sajian Buku Teks Fisika SMA Kelas XII Semester 1. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 184. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/392

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Simarona, N., Maria, H. T. ., & Karolina, V. (2023). PRESTASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA KELAS XI FASE F: APAKAH BERHUBUNGAN DENGAN LITERASI? DIGITAL?. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 330-339. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3384