PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TEKANAN ZAT DI SMP NEGERI 7 KUPANG TENGAH

Authors

  • Maria Ursula Jawa Mukin Universitas Katolik Widya Mandira
  • Cludia Mariska Maing Universitas Katolik Widya Mandira
  • Gervansiana Jeliman Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.3433

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi tekanan zat di kelas VIII SMP Negeri 7 Kupang Tengah 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh, seluruh siswa kelas VIII sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecaham ,masalah yang terdiri dari 5 soal yang sudah divalidkan. Hasil rata-rata pretest sebesar 64 dan hasil rata-rata posttest sebesar 75,52. Berdasarkan hasil uji paired sample T-Test diperoleh nilai sig adalah 0,000 dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Discovery Learning, Pemecahan Masalah, Tekanan Zat

References

Alfitry, S., Nurhadi, S. P. I., Sy, S. E., & SH, M. S. (2020). Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi Dalam Pembelajaran Konsep Motivasi Prestasi Belajar.Guepedia.

Alfitry, S., Nurhadi, S. P. I., Sy, S. E., & SH, M. S. (2020). Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi Dalam Pembelajaran Konsep Motivasi Prestasi Belajar.Guepedia.

Amelia, D. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Indikator Asam Basa di SMK Patriot Nusantara (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Borich, G. D. 1994. Observation Skills for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.

Hasanah, S. K. (2019). Nilai toleransi dalam kurikulum pendidikan agama islam di sekolah berdasarkan permendikbud nomor 21 Tahun 2016 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Juwita, R. M. P., & Ariani, N. M. (2020). Lembar Kerja Siswa SMP untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Teorema Phytgoras. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 114-125.

Kebudayaan, K. P. (2013). Badan pengembangan sumber daya manusia, pendidikan dan kebudayaan, dan penjaminan mutu pendidikan tentang model pembelajaran penemuan (Discovery learning).

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402-413.

Kristofora, M., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan langkah polya siswa kelas vii smp. Prisma, 6(1), 9-16.

Lendy, S. J. (2014). Distance learning: adult learners and computer-mediated communication. Northern Illinois University.

Mamonto, F., Umar, M. K., & Paramata, D. D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Jambura Physics Journal, 3(1), 54-63.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Nurhaeni, S. (2020). Analisis Hasil Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Siswa Di Kelas IV Sekolah Dasar (StudiLiteratur) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Octavia, A. Shilpy. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Chamidah, D.,&Cecep, H. (2021). Konsepdan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Pratiwi, D. D. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas V Di Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., &Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Putranta, H. (2018). Model pembelajaran kelompok sistemperilaku: Behavior system group learning model. UniversitasNegeri Yogyakarta.

Rusman, M. P. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media.

Saidah, R. N. (2017). Keterampilan Pemecahan Masalah IPA Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Tekanan Zat Cair. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 5(03).

Sari, A. M. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Organ Gerak Hewan (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Martadinata Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung TahunAjaran 2018-2019) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Sekaran, U., &Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keahlian Edisi 6 Buku 2.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Supiyati, H., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model guided inquiry dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi pencemaran lingkungan. Natural Science Education Research, 2(1), 59-67.

Suryani, N. D. (2022). Mengenal" HOTS"(Higher Order Thinking Skills) Dalam Pendidikan. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Susana, A. (2019). Pembelajaran discovery learning menggunakan multimedia aktif. Tata Akbar.

Trianto, E. (2013). Implementasi Manajemen Strategi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta III Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA).

Widodo, S. A. (2015). Keefektivan team accelerated instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII. Kreano. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 127-134.

Widyanto, R., Lau, J. S., &Kartika, E. W. (2013).Pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (ocb) melalui komitmen organisasional karyawan cleaning service di surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 1(1), 36-50.

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Jawa Mukin, M. U., Maing, C. M. ., & Jeliman, G. . (2024). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TEKANAN ZAT DI SMP NEGERI 7 KUPANG TENGAH. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 11-18. https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.3433