PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING

Authors

  • Yasinta Embu Ika Universitas Flores
  • Juwarni Yasin SMP Negeri 7 Nangapanda
  • Vantri Pieter Kelelufna Universitas Victory Sorong
  • Damiana Novita Birhi Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3441

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA-Fisika materi pemuaian pada peserta didik kelas VIIIB  SMP Satap Negeri 7 Nangapanda tahun pelajaran 2022/2023 melalui penggunaan model inquiry based learning. Penelitian dilakukan kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model  Inquiry Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA-Fisika peserta didik. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan belajar hanya 42,85%, setelah dilaksanakan tindakan siklus 1 dengan model Inquiry Based Learning presentase ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi sebesar 71,42% kemudian pada tindakan siklus 2, ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 100%. Penggunaan model inquiry based learning juga dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VIIIB  SMP Negeri 7 Nangapanda tahun pelajaran 2022/2023. Aktivitas peserta didik terdiri dari kerjasama, tanggungjawab dan toleransi. Pada siklus 1 aktivitas belajar peserta didik memperoleh skor akhir 62%, artinya aktivitas belajar siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus 2 skor akhir aktivitas belajar siswa mencapai 88% sehingga berada pada kriteria sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Inquiry Based Learning , Hasil Belajar, Pemuaian

References

Arsal, Zeki. (2017). The Impact of Inquiry-Based Learning on the Critical Thinking Dispositions of Pre-Service Science Teachers. International Journal Science Education. 39(10).

Carlucy, Suadnyana, & Negara. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu Undiksha. 23(2).

Djamarah, Sayiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Dewi, A. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3).

Dimyati & Mudjiyono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Ditinjau dari Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3).

Gu, Maria K. Selo, Melky K., Yasinta E. Ika. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 7 Nangapanda Tahun Pelajaran 2018/2019. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2).

Husin, V. E. R., & Billik, A. H. (2019). Identifikasi Konsep Fisika Pada Kearifan Lokal Anyaman Di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Fisika: Fisika Sains Dan Aplikasinya, 4(2).

Ibnu Dwi Kustadiyono. (2020). Model Inquiry dengan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(1).

Ika, Yasinta E.(2018). Pembelajaran Berbasis Laboratorium IPAuntuk Melatih Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa SMP Kelas VII. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(2).

Indah Metasari Sipahutar, Dewi Anzelina, Sumarlin Mangandar Marianus, Patri Janson Silaban. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Inquiry Learning di Kelas IV SDN 060833 Medan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), Vol.1.

Kaleka, M. & Hernolina Elly. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Bebas Terhadap Prestasi Belajar Dan Karakter Siswa Kelas IX. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1).

Kristina H., Kaleka, M.B.U., Ilyas. (2020). The Effect of Discovery Learning Model on Learning Outcome of Grade-VII Students of SMPN 5 Nangapanda. Journal of Science Education Research, 4(1).

Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Laksmi Prihantoro. 1986. Tujuan pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi Aksara.

Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1).

Nerli, Y., Melky K., Yasinta E.I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VIII SMPN 1 Borong. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1).

Noviwati, Mursalin, Abdul Haris Odja. (2023) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1).

Nurjanah. (2016). Peningkatan hasil belajar IPA dengan menerapkan metode inkuiri siswa kelas V SD Negeri 68 kec. Batukiki kota Parepare. Publikan: Jurnal Publikasi Pendidikan, VI(2).

Nurussaniah, N., Anita, A., Boisandi, B., Saputri, D. F., Sukadi, E., Sari, I. N., Matsun, M., Nurhayati, N., Angraeni, L., Hakim, L., & Wahyudi, W. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis ICT bagi Guru di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4).

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri, N. P. L. K., Kusmariyatni, N., & Murda, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio-Visual terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(3).

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Vaiabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta.

Suryaningsih, N. M. A Cahaya, I. M. E., & Poerwati, C. E. (2016). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2).

Trisna Br Karo, Dewi Anzelina, Novalina Sembiring, Darinda Sofia Tanjung. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Spider Webbed pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4).

W. Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Yani A., Mamat Ruhimat. (2018). Teori dan Implementasi Pembelajaran Saintifik. Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Zani, R., Safitri, R., & Adlim. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(2).

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Ika, Y. E., Yasin, J., Kelelufna, V. P. ., & Birhi, D. N. . (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 396-409. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3441