PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID SISWA SMA KELAS XI MATERI HUKUM NEWTON
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.3528Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa pada aplikasi yang dikembangkan terhadap media pembelajaran mobile learning berbasis android. Penelitian ini menggunakan jenis penelian Research and developmen (R&D) dengan model PIE. Prosedur pengembangan PIE meliputi tiga tahap penting yaitu Planing, Implementation dan Evaluation. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dari ahli media dan ahli materi. Teknik analisis yang digunakan observasi, dokumentasi dan angket sebagai produk media pembelajaran berbasis android menggunakan handphone menampilkan menu pembelajaran, materi, contoh soal, gambar serta contoh dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis android, termasuk dalam kategori sangat baik, dengan prensentase sebesar 95% pada ahli media dan 100% pada ahli materi. Hasil uji coba dari siswa memperoleh presentase sebesar 93% pada kategorikan sangat baik. Sehingga dapat di simpulkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis android pada materi Hukum Newton sangat layak bagi siswa kerena mendapatkan nilai yang sangat baik untuk digunakan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Poco Ranaka.
Downloads
Keywords:
Mobile Learning, AndroidReferences
A Reski, I. D. P. & R. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Materi Usaha Dan Energi Berbasis Powerpoint. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 10(2), 1689–1699.
Ardiansyah, A. A., & Nana. (2020). Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Indonesian Journal of Education Research and Review.
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108
Atika, A., Kosim, K., Sutrio, S., & Ayub, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 13–17. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.381
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia.
Calimag, V., Miguel, A. G., Nealbert, J., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubiquitous Learning Environment Using Android Mobile Application. International Journal of Research in Engineering & Technology.
Eka I Wati, M Ilyas, and E. D. S. (2019). Pengembangan Media Mobile Learning Android. Jurnal Ilmu Budaya, 1(4), 291–304. https://www.neliti.com/id/publications/240569/pengembangan-media-mobile-learning-dalam-pembelajaran-menulis-deskripsi-pada-sis
Gagese, N., Wahyono, U., & Kendek, Y. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Listrik Dinamis. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online). https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.v6.i1.10018
Gebby Milinia, Silvi Trisna, I. R. Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Pendahuluan Pendidikan pondasi yang merupakan dibutuhkan suatu dalam fenomena alam . Selain itu , fisika juga merupakan salah satu ilmu dasar yang menunjang pengetahuan pe. 10(2), 271–286.
Gudiño León., A. R., Acuña López., R. J., & Terán Torres., V. G. (2021). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi Di Sman 1 Karawang Selama Masa Pjj (Pembelajaran Jarak Jauh). 6.
Haq, M. R. (2017). Pengembangan media mobile learning (M-Learning) berbasis android dalam pembelajaran biologi pada materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan tumbuhan dan hewan kelas XI SMA/MA. http://repository.radenintan.ac.id/2369/
Kurniawati, I. D., & & S., N. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. 2(1), 68–75. https://doi.org/https://doi.org/10.25273
Maulana, A. F. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Adobe Animate Cc Pada Materi Dinamika Rotasi Kelas Xi Sma. Pesquisa Veterinaria Brasileira, 26(2), 173–180.
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Siung, M., Nasar, A., & Dala Ngapa, Y. S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Analisis Gerak Dengan Vektor . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 226-238. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.2023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kristian Nja, Yasinta Embu Ika, Melkyanus Bili Umbu Kaleka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi