PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN LKPD BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.3551Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis adanya pengaruh yang signifikan dan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam penggunaan model pembelajaran Problem-Based Learning dengan LKPD berbasis multirepresentasi pada pembelajaran IPA di SMP dengan topik materi pencemaran lingkungan. Kegiatan penelitian tergolong penelitian kuantitatif menggunakan jenis kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes untuk melihat tingkat awal kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik berupa uji normalitas dan uji N-Gain. Sampel penelitian diambil dari kelas VII F sebagai kelas kontrol dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen, Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian kemudian dianalisis melalui aplikasi SPSS Statistics 25. Kedua data dari hasil analisis data diketahui berdistribusi normal, sehingga dilanjutkan menggunakan uji Independent Sample t-test yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, menunjukkan dari selisih nilai pre-test dan post-test kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa terdapat pengaruh yang signifikan. Uji T pihak kanan didapatkan hasil T-hitung (13.591) > T-tabel (1.669) yang berarti nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Analisis data nilai pre-test dan post-test juga menggunakan N-Gain Score yang didapatkan nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa tergolong kategori tinggi.
Downloads
Keywords:
Problem-Based Learning, LKPD Berbasis Multirepresentasi, Kemampuan Berpikir Tingkat TinggiReferences
Allmallrylis, G. I. (2021). Allnalllisis kendalllall guru dalllallm penerallpalln problem ballsed leallrning palldall pembelalljallralln IPS berballsis pendidikalln nilalli di SDN kallndallngalln iii/621 surallballyall. JPGSD. 09l01): 1326-1337.
Allnderson, L. W., dalln D. R. Krallthwohl. (2001). All Tallxonomy For Leallrning, Teallching, allnd Allssessing: All Revision of Bloom’s Tallxonomy of Educalltion Objectives. New York: Allddison Wesley Lonmalln Inc.
Allriallni, D., dalln I. Meutiallwallti. (2020). Pengemballngalln lemballr kerjall pesertall didik lLKPD) berballsis discovery leallrning palldall mallteri kalllor di SMP. Jurnalll Phi. 1l3): 13-19.
Delvionnal, Al. (2018). Alnallisis pemalhalmaln konsep pesertal didik kelals VIII SMP Negeri 34 paldalng paldal malteri sistem peredalraln palralh menggunalkaln tes dialgnostik two tier multiple choice. Skripsi. Universitals Negeri Paldalng.
Falltmallwti, E. T., dalln S. Sujalltmikall. (2018). Efektivitalls pembelalljallralln problem ballsed leallrning terhalldallp hallsil belalljallr ipall ditinjallu dallri kemallmpualln berpikir kritis. Jurnalll Wallcallnall Allkalldemikall. 2l2): 163-171.
Hallsallnallh, H., Mallhallrdikall, I. K., & Suprialldi, B. (2022). Penerallpalln model pembelalljallralln inkuiri disertalli LKS berballsis multirepresentallsi terhalldallp keterallmpilalln proses sallins dalln hallsil belalljallr siswall dalllallm pembelalljallralln fisikall di SMAllN kallbupallten Jember. Jurnalll Pembelalljallralln Fisikall. 5l2): 135–140.
Kurniallti, D. (2016). Kemallmpualln berpikir tingkallt tinggi siswall SMP di kallbupallten Jember dalllallm menyelesallikalln soalll berstallndallr PISAll. Penelitialln dalln Evallluallsi Pendidikalln. 20l2): 142-155.
Kurnialwalti, O.W., Nurimaln., daln K. Malhmudi. (2020). Alnallisis kemalmpualn berpikir tingkalt tinggi siswal paldal malteri IPAl temal ekosistem di sekolalh dalsalr. Jurnall Pendidikaln Guru Sekolalh Dalsalr. 9l3): 313-322.
Muhimalltul, K. (2017). Pengemballngalln buku alljallr berballsis STAllD palldall malltall pelalljallralln korespondensi. Jurnalll Pendidikalln Alldministrallsi Perkallntoralln. 7l4): 46–50.
Nurfallidall, M. S. Allli., dalln H. Allbdullallh. (2020). Pengemballngalln lemballr kerjall pesertall didik berballsis multi representallsi palldall pesertall didik kelalls xi smalln 1 gowall. Jurnalll Sallins dalln Pendidikalln Fisikall. 16l2): 117-126.
Nurzaman, G., A. F. Hindriani., dan H. Satianugraha. (2022). Penerapan model problem-based learning (PBL) berbantu multirepresentasi terhadap kemampuan penalaran siswa padakonsep pencemaran lingkungan di kelas X. Jurnal Pendidikan dan Biologi. 10(1): 18-23.
Royantoro, F., Mujasam., I. Yusuf., dan S. W. Widyaningsih. (2018). Pengaruh model problem-based learning terhadap higher order thnking skills peserta didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 6(3): 371-382.
Salralswalti, P. M. S., daln G. N. S, Algustikal. (2020). Kemalmpualn berpikir tingkalt tinggi dallalm menyelesalikaln soall HOTS maltal pelaljalraln malemaltikal. Jurnall Ilmialh Sekolalh Dalsalr. 4(2): 257-269.
Siregar, N.F. (2022). Pengaruh model problem-based learning terhadap higher order thnking skills siswa SMP. EKSAKTA : jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. 7(1):14-23.
Sofyalln, F.All. (2019). Implementallsi HOTS palldall kurikulum 2013. Jurnalll Inventall. 3l1): 1-17.
Supeno, S., S. Allstutik., S. Bektiallrso., All. D. Lesmono., dalln L. Nurallini. (2019). Whallt calln students show allbout higher order thinking skills in physics leallrning?. IOP Conf. Series:Eallrth allnd Environmentalll Science. 243 012127.
Suralltno., Kallmid., dalln Y. Sinallballng. (2020). Pengallruh penerallpalln model pembelalljallralln problem ballsed leallrning lPBL) terhalldallp kemallmpualln berpikir tingkallt tinggi lhots) ditinjallu dallri motivallsi belalljallr siswall. Jurnalll JMPIS. 1l1): 127-139.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eke Windiar Febriani, Supeno Supeno, Nur Ahmad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi