PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI FLUIDA STATIS
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.3555Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan instrumen soal High Order Thinking Skill (HOTS) pada materi fluida statis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan model Martin Tessmer yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap Preliminary, tahap Self Evaluation, dan tahap Prototyping (Validasi, Evaluasi, dan Revisi). Subjek penelitian ini yaitu uji coba dari 4 orang validator yaitu 2 dosen sebagai ahli evaluasi, 2 guru sebagai ahli materi dan 23 siswa SMA Negeri 1 Riung Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian instrumen soal HOTS oleh ahli evaluasi berkategori sangat valid (88%), instrumen soal HOTS dilihat dari materi berkategori sangat valid (87%) dan instrumen soal HOTS sangat praktis (90%). Hal ini menunjukkan bahwa instrumen Soal High Order Thinking Skill (HOTS) pada materi fluida statis ini valid dan praktis untuk digunakan.
Downloads
Keywords:
High Order Thinking Skill (HOTS), Instrumen Soal, FluidaReferences
Akmala, N. F., Suana, W., & Sesunan, F. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 67–72. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.472
Astro, R. B., Doa, H., Denny, K., & Meke, P. (2021). Pengembangan Petunjuk Praktikum Gaya Gesek Di Bidang Miring Berbasis Video Tracking Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa. 7(November), 335–342.
Desilva, D., Sakti, I., & Medriati, R. (2020). Pengembangan Instrumen penilaian hasil belajar fisika berorientasi HOTS (High Order Thinking Skills) pada materi elastisitas dan hukum hooke. 3(1), 41–50.
Doa, H. (2018). Improvement of Student Creative Thinking Skills Through Implementation of OrDeP2E Learning Model with Contextual Approach. 157(Miseic), 142–146.
Eka Desiriah, W. S. (2021). Tinjauan Literatur Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ( Hots ) Fisika Di SMA. 7.
Fuada, S. (2015). pengujian validitas alat peraga pembangkit sinyal (oscillator) untuk pembelajaran workshop instrumentasi industri. November.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1, 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Noor, P. P., & Abadi, A. P. (2022). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Perkembangan Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 466–473. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1986
Nova Liana. (2018). Pengembangan soal tes berpikir tingkat tinggi materi fluida untuk SMA. 01(01), 66–78.
Nurmaliati,Festiyet, Y. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ( Hots ) Fisika Di SMA. 9(1).
Rilani Esti Mulyana. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Menilai Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Materi Fluida Statis.
Sri Restika. (2021). Pengembangan Alat Peraga Berbasis Eksperimen Sederhana pada Materi Fluida Statis di SMAN 9 Sinjai.
Suhady, W., & Roza, Y. (2020). Pengembangan Soal untuk Mengukur Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) Siswa. v(2), 143–150
Widana, I. W. (2017). Modul penyusunan soal High Order Thingking Skill (HOTS). Tarsito: Bandung.
Yuliandini, N., Hamdu, G., & Respati, R. (2019). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pengembangan Soal Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar. 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yuliana Koza, Aloisius Harso, Hamsa Doa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi