PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.3696Abstract
Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui kelayakan serta mengetahui respons modul digital yang dikembangkan terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model pengembangan 4D yang direduksi menjadi 3D, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan angket respon, dimana lembar validasi dievaluasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa sedangkan angket respon dievaluasi oleh pendidik yang mengampu mata pelajara fisika dan peserta didik kelas MIPA. Hasil penelitian menunjukan penilaian yang dilakukan oleh validator, yaitu validari ahli media, ahli materi dan ahli bahasa menghasilkan nilai rata-rata sebesar 79,47% yang dikategorikan sangat layak dan respons pendidik diperoleh persentase 90,77% sebesar dengan kategori sangat layak serta respons peserta didik diperoleh persentase 77,3% dengan kriteria sangat baik/menarik.
Downloads
Keywords:
Media Pembelajaran Fisika, Modul Digital, Projek Based LearningReferences
Alfiansyah, A. F., Septianti, R. P., Qolbi, W. N., & Irvani, A. I. (2022). Berkembangnya Pemanfaatan E-Learning pada Proses Pembelajaran Fisika di MAN 1 Garut Selama Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(2), 117. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i2.1880
Amril, K. J., & Thahar, H. E. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Menulis Teks Cerpen Berbasis Project Based Learning bagi Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(3), 715–730. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i3.489
Aprileny Hutahaean, L., Siswandari, & Harini. (2019). Utilization of Iteractive E-Module as a Learning Media in the Digital Age. Proceedings of the National Seminar on Postgraduate Educational Technology UNIMED, 1(2018), 298–305. Diambil dari http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38744
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Chen, D., Wulandari, M., & Fitriani, R. (2022). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Penggunaan E-Modul Integral Lipat Mata Kuliah Fisika Matematika I. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 15(1), 32–39. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v15i1.1759
Dzulhidayat. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) PADA MATERI GERAK PARABOLA KELAS X UNTUK SMA/MA. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, (8.5.2017), 2003–2005.
Fauziah, C., Nuvitalia, D., & Saptaningrum, E. (2018). Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 125–132. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3170
Fujiawati, F. S., Permana, R., & Mustika, G. (2020). Pembelajaran Seni Budaya Dengan Model Project Based Learning ( Pjbl ). JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 5(1), 41–55.
Hartanto, L. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Mipa U2 Sman 1 Cawas Kabupaten Klaten Pada Pelajaran Fisika Materi Gerak Lurus Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Buzz Group Di Semester Ganjil Improving Student Learning Outcomes in Class X Mipa U2 Sm. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, (September), 55–61.
Hayati, P., & Fauziah, R. N. (2023). Pengembangan E-Modul Eksperimen Fisika Berbasis Project Based Learning. Journal on Education, 05(03), 10728–10734. Diambil dari https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1975%0Ahttps://www.jonedu.org/index.php/joe/article/download/1975/1636
Kurniawati Rahim, H. C. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di Sma Negeri 1 Sakti. Jurnal Sains Riset, 9(3), 68–79. https://doi.org/10.47647/jsr.v9i3.161
Maiyena, S., & Imamora, M. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Konstruktivisme untuk Kelas X SMA. Journal of Teaching and Learning Physics, 5(1), 01–18. https://doi.org/10.15575/jotalp.v5i1.5739
Novianto, N. K., Masykuri, M., & Sukarmin, S. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Sma/ Ma. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 81. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19792
Permadi, D. (2018). Pengembangan Modul E-Learning Berbasis Project Based Learning (PJBL) Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 2(2), 1–12. https://doi.org/10.19109/jifp.v2i2.2649
Permana, W. B. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Kelas XI RPL di SMK Negeri 2 Tabanan. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(2), 140. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i2.11083
Pratiwi, D. M. S., Supriana, E., & Hidayat, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan Sistem QR Code untuk Membantu Siswa Menerapkan Konsep Kesetimbangan dan Dinamika. Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya, 48–54. Diambil dari http://conference.um.ac.id/index.php/fis/article/view/503
Samsuri, A. (2021). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PROJECT BASED LEARNING) PADA PELAJARAN IPS DIMASPANDEMI (Studi Kasus). Skripsi, (April), 1–80. Diambil dari http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14851
Septi, S., Sakti, I., & Putri, D. H. (2019). Pengembangan Modul Fisika Dengan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 129–136. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.129-136
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Helmi Putri Sulastri, Asep Irvan Irvani, Resti Warliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi