UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERORIENTASI HOTS BERBANTUAN FLIPBOOK
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.3736Abstract
Penggunaan flipbook menjadikan pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan komunikatif di dalam kelas. Hasil belajar yang diiginkan guru merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK (Classroom Action Research). SMKS Mutiara Ilmu adalah lokasi sekolah yang dijadikan sebagai tempat penelitian. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober - November semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 165 sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X PPLG yang berjumlah 30. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran dan menggunakan tes hasil belajar yang berorientasi pada soal-soal HOTS berupa soal essay pada tingkat pengetahuan C4 dan C5. Soal essay yang diberikan pada siklus 1 sebanyak 3 soal dan soal yang diberikan pada siklus 2 sebanyak 4 soal. Pada Siklus I menunjukkan siswa yang telah berhasil dalam belajar sebesar 46,67% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Hal ini dapat dilihat dari persentase peningkatan siswa yang telah berhasil dalam belajar pada siklus I sebesar 46,67% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran berorientasi HOTS berbantuan filpbook.
Downloads
Keywords:
HOTS, Flipbook, Hasil BelajarReferences
Ady, W. N. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA terhadap Mata Pelajaran Fisika pada Materi Gerak Lurus Beraturan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1), 104–108. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1599
Alus, G., & Ilyas, Y. E. I. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIA Di SMAN 2 Macang Pacar Kecamatan Pacar Kabupaten Manggarai Barat. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 46–53.
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37–44. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(32), 468–470. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Giancoli, D. C. (2001). Fisika Edisi Kelima Jilid 1 (1st ed.). Erlangga.
Helpi, V. Y., Awang, I. S., & Subekti, M. R. (2022). Analisis Hasil Belajar Siswa Berorientasi Hots pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(1), 79–86. https://doi.org/10.31932/jpdv.v8i1.1604
Kurniawan, I. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skill) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 25–31. https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2090
Misa, S. F., Lidi, M. W., & Jariyah, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMPN 1 Bajawa Utara. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 54–61.
Muariffa, I. R. D. A., Rohmah, I. A., Rianto, M. A., Subiki, & Sudarti. (2023). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Keterbatasan Sumber Energi Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 217.
Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 23–28. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113
Nurul’Azizah, A. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jartika, 2(1), 194–204.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar“ Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 289–302.
Rangga, M. P., Nasar, A., & Kaleka, M. B. U. (2021). Profil Pembelajaran Ipa Siswa Kelas VIII SMPK Marsudirini Detusoko. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 94–103. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1029
Wisnuputri, A. F., Izzulhaq, A., & Setiaji, B. (2023). LKPD Hukum Newton Berbasis Kearifan Lokal Nglarak Blarak Berbantuan PhET. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 1–9.
Yustiandi, & Saepuzaman, D. (2023). Identifikasi Kemampuan Interpretasi Grafik Siswa Sma Pada Materi Kinematika Gerak Satu Dimensi. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 23–31
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusri Handayani, Fauziah Hariani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi