PENGEMBANGAN APLIKASI MIND MAPPING BERBASIS ANDROID PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

Authors

  • Hendrika Srisuriati Universitas Flores
  • Adrianus Nasar Universitas Flores
  • Yasinta Embu Ika Universitas Flores
  • Yulius Saprianus Dala Ngapa Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.4063

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan produk dan respon siswa terhahap penggunaan media pembelajaran mind mapping pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dan menggunakan desain pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian yaitu uji coba oleh 2 validator yakni 2 Dosen Program Studi Pendidikan Fisika dan 2 orang guru Fisika serta 9 siswa kelas XII SMA Swasta Adhyaksa sebagai responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh digunakan sebagai dasar dalam perbaikan aplikasi mind mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk berupa aplikasi mind mapping layak digunakan sebagai sumber belajar fisika pada materi getaran dan gelombang berdasarkan penilaian validator sebesar 86%, dan aplikasi mind mapping layak untuk digunakan pada materi getaran dan gelombang. Penilaian oleh guru fisika sebesar 93,75%, dengan kriteria layak/baik. Hasil uji coba terbatas menunjukan aplikasi mind mapping yang dikembangkan sangat layak/sangat baik dengan rata-rata penilaian oleh siswa sebesar 95%.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Mind Mapping, Android, Getaran dan Gelombang

References

Apdoludin, A., Veronika, Y., & Hamidah, A. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Biologi Berbasis Mind Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 112–120. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.760

Arianti. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Iktivaiyatul Mawadah1, N. S. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Model Mind Map Android Berbasis Brain Based Learning. 2(1).

Deno, M. E., Kaleka, M. B. U., & Harso, A. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 19. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110-116. https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.702

Khoirudin, N., Wahyuningsih, D., & Teguh, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Mindjet Mindmanager 9 Untuk Siswa Sma Pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 1–10.

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Noka, S. & E. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Mahesa, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195

Pribadi, B. A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. In Prenada Media Group.

Rahmawati, R. (2021). Pengembanagan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 60 Moncongloe Lappara Kecematan Moncongloe Kabupaten Maros. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Ratu Pratiwi, A., Ayu Pratiwi, S., & Halimah, S. (2020). Pengunaan Media Dalam Pembelajaran Pkn Sd. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 386–395. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Riza, F. Y., Antosa, Z., & Witri, G. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multikultural Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 21. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.112327

Saman. (2017). Tinjauan teoritis pembelajaran berbasis videoscribe pada siswa. Prosiding Seminar Nasional, Volume 03(1), 386–391. http://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/808

Samha, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Hidrolisis Garam. 105–111.

Siwi, M. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mind Map Melalui Mindjet Mindmanager Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Momentum, Impuls, Dan Tumbukan. Universitas Negeri Yogyakarta, 130–139.

Sokip, S., Sumbawati, M. S., & Sitompul, N. C. (2022). Implementasi Aplikasi Mind Mapping Sebagai Perangkat Pembelajaran Era Revolusi Industri 5.0. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(2), 487–495. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2844

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Srisuriati, H., Nasar, A., Ika, Y. E., & Dala Ngapa, Y. S. (2024). PENGEMBANGAN APLIKASI MIND MAPPING BERBASIS ANDROID PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 128-137. https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.4063