PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KREATIVITAS SAINS SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ILEBURA LEWOTOBI
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.415Abstract
Tujuan penelitian ini yakni untuk menganalisis peningkatan kreativitas Sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPS Ilebura Lewotobi yang berjumlah 20 orang dan sampel yang diambil sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengambilan sampel tersebut menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh dari sampel penelitian tersebut adalah berupa nilai kreativitas sains pada pokok bahasan tekanan. Uji statistik yang digunakan adalah uji t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas Sains siswa setelah menggunakan model pembelajaran generatif (thitung= 2,577, p > 0,05) Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran generatif mampu meningkatkan Kreativitas sains siswa di SMP
Downloads
Keywords:
Kreativitas Sains, Model Pembelajaran GeneratifReferences
Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics).
Daud, A. M., Omar, J., Turiman, P., & Osman, K. (2012). Creativity in Science Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.302
Grabowski, B. L. (1991). Generative learning contributions to the design of instruction and learning. In Handbook of Research on Educational Communications and Technology.
Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.155
Hu, W., & Adey, P. (2002). A scientific creativity test for secondary school students. International Journal of Science Education. https://doi.org/10.1080/09500690110098912
Irwandani, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.90
Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Lau, J. Y. F. (2011). An Introduction to Critical Thinking and Creativity: Think More, Think Better. In An Introduction to Critical Thinking and Creativity: Think More, Think Better. https://doi.org/10.1002/9781118033449
Lee, M. K., & Erdogan, I. (2007). The effect of Science-Technology-Society teaching on students’ attitudes toward Science and certain aspects of creativity. International Journal of Science Education. https://doi.org/10.1080/09500690600972974
Miranda, D. (2018). PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS AUD. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975
Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Mukhopadhyay, D. R. (2013). Measurement of Creativity in Physics - A Brief Review on Related Tools. IOSR Journal of Humanities and Social Science. https://doi.org/10.9790/0837-0654550
Osborne, R., & Wittrock, M. (1985). The generative learning model and its implications for science education. Studies in Science Education. https://doi.org/10.1080/03057268508559923
Regan, Bob. (2008). Why We Need to Teach 21st Century Skills--And How To Do It. MultiMedia & Internet @ Schools.
Renshaw, S. (2011). Creative thinking and geographical investigation. Teaching Geography.
Sugilar, H. (2013). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.32
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.
Sulistiawati, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2495
Tias, I. W. U. (2017). PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060
Zulkarnain, I., & Amalia Sari, N. (2016). Model Penemuan Terbimbing dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i2.619
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi