IMPLEMENTASI TIKTOK FISIKAEXPLORERS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PADA MATERI FISIKA SMA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.4164Abstract
Studi ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan produk video pembelajaran yang dapat digunakan melalui aplikasi TikTok untuk mengembangkan kemampuan literasi digital siswa, 2) Mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis TikTok FisikaExplorers terhadap kemampuan literasi digital pada materi Fisika SMA Kelas XI. Studi ini menunjukkan penelitian R & D (Research and development) menggunakan model ADDIE. Angket literasi digital siswa dan validasi ahli media dan materi digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 78 siswa yang berada di kelas XI IPA di salah satu sekolah menengah atas di Kota Tangerang pada tahun akademin 2023/2024. Uji hipotesis Z digunkan untuk menganalisis data untuk menentukan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa validitas video pembelajaran berbasis aplikasi TikTok layak digunakan sebagaimana hasil validasi ahli materi dan media yaitu sebesar 96% dan masuk ke kategori layak. Pengaruh video pembelajaran berpengaruh dalam mengembangkan kemampuan literasi digital siswa dengan nilai uji hipotesis Z memperoleh signifikansi sebesar 0,0005 < 0,05 maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan dari penelitian ini terdapat pengaruh video pembelajaran berbasis aplikasi TikTok terhadap kemampuan literasi digital siswa setelah penggunaan video pembelajaran yang diberikan kepada kelas eskperimen.
Downloads
Keywords:
Video Pembelajaran, Aplikasi Tiktok, Literasi DigitalReferences
Aninda Devi, Adella. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran. JurnalEPISTEMA, 2(1),8388. https://doi.org/10.21831/ep.v3i1.40990
Buana, T., & Maharani, D. (2022). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) Dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, 16(2), 34–44. https://doi.org/10.33557/ji.v16i2.2227
Deriyanto, D., & Qorib, F. (2018). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Tik Tok. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2), 78. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/1432/1007
Ferniansyah, Amalia. Nursanti, Siti, Nayiroh, L. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Kreativitas Berpikir Generasi Z. Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(Vol. 6 No. 9 (2021): Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia). https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i9.2700
Gustiani, S. (2019). Research and Development ( R & D ) Method as a Model Design in Educational Research and Its Alternatives. Holistics Journal, 11, 2.
Hague, Cassie and Payton Sarah. (2010). Digital Literacy across the Curriculum. Futurelab.
Ihda Rahma, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Short Video Aplikasi Tiktok Pada Materi Perubahan Lingkungan Terhadap Literasi Digital Siswa Kelas X MIPA di SMA ISLAM Almaarif Singosari Malang Tahun Pelajaran 2022/2023. Uinkhas. http://digilib.uinkhas.ac.id/25974/
Ilyas Ismail, M. et al. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran (Syarifuddin (ed.); 1st ed.). Cendikia Publisher.
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran.
Kusuma Rahardja, A. I. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digitasl Pada Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Teknologi Dan Informasi Bisnis, 3, 308–319. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jteksis.v312.248
Magesa, M., Jonathan, J., & Urassa, J. (2023). Digital Literacy of Smallholder Farmers in Tanzania. Sustainability (Switzerland), 15(17), 1–23. https://doi.org/10.3390/su151713149
Mufidah, A., & Mufidah, R. (2021). Aplikasi Tik-Tok dan Instagram sebagai Salah Satu Alternatf dalam Media Pembelajaran IPA. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1(1), 60–69.
Nur Fadhilah, I. (2023). Problematika Teori Dan Praktik Komunikasi. Mahakarya Citra Utama Group.
Nur Fadhilah, S. (2021). Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Rahmadi, I. F., & Hayati, E. (2020). Literasi Digital, Massive Open Online Courses, dan Kecakapan Belajar Abad 21 Mahasiswa Generasi Milenial. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1), 91. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2486
Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Akademika, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406
Rosalina, D., Yuliari, K., Setianingsih, D., & Zati, M. R. (2021). Faktor – Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0. EKONIKA Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 6(2), 294. https://doi.org/10.30737/ekonika.v6i2.1996
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model of Strengthening Digital Literacy Through Utilization of E-Learning. Journal of ASPIKOM, 3(6), 1200.
Sugiyono, 2019. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung.
Suherdi Devri, Fadillah Rezky Syarifah,Apdilah Dicky, Sinurya Junus, Sahputra Andi, Syahputra Dinus, W. D. (2021). Peran Literasi Digital di Era Pandemik. https://books.google.co.id/books?id=gkAqEAAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q&f=false
Sulianta, F., & Widyatama, U. (2024). Buku Literasi Digital , Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif Social Studies oleh Feri Sulianta. March.
Syah, R. J., Nurjanah, S., & Andri Mayu, V. P. (2020). Tikio (TikTok App Educational Video) Based on the Character Education of Newton’s Laws Concepts Preferred to Learning for Generation Z. Pancaran Pendidikan, 9(4), 85–94. https://doi.org/10.25037/pancaran.v9i4.325
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Weli Pramugia, Rudi Haryadi, Yudi Guntara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lesensi