PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PhET INTERACTIVE SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS

Authors

  • Rizky Noor Adawiyah Program Studi Tadris Fisika, Jurusan PMIPA, FTIK, IAIN Palangka Raya
  • Muhammad Nasir Program Studi Tadris Fisika, Jurusan PMIPA, FTIK, IAIN Palangka Raya
  • Nadia Azizah Program Studi Tadris Fisika, Jurusan PMIPA, FTIK, IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4223

Abstract

Penerapan model pembelajaran guided inquiry sangat diperlukan untuk menjadikan peserta didik berperan lebih aktif, selalu sebagai fokus utama, menjaga kenyamanannya agar tidak jenuh, dan mampu mengasah daya pikir otak mereka. Penelitian ini bermaksud menentukan apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan ajar menggunakan guided inquiry media PhET Interactive Simulation terhadap keterampilan generik sains. Menerapkan metode pre-experimental dengan bentuk one-group pretest-posttest, dilaksanakan dalam ruang belajar sampel XI MIPA 4 di SMAN 3 Palangka Raya berdasarkan teknik nonprobability sampling proses sampling purposive. Instrumen yang dipilih terdapat lembar observasi aktivitas pembelajaran peserta didik dan tes keterampilan generik sains sebanyak 9 soal uraian. Berdasarkan hasil uji paired sample T-test di SPSS versi 23 menghasilkan capaian  sig. 0.000 < 0.050 dan t hitung 14.835 > t tabel = 1.688, dengan pengaruh yang diberikan sebesar  65% di kategori sedang dalam hasil uji N-Gain Score. Oleh karena itu ditarik kesimpulan yang menyatakan, model pembelajaran guided inquiry PhET Interactive Simulation memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keterampilan generik sains.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Pengaruh, Model Pembelajaran, Guided Inquiry, Keterampilan Generik Sains, Termodinamika

References

Abbas, & Hidayat, M. Y. (2018). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas IPA Sekolah Menengah Atas. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), 45–50.

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo.

Adawiyah, R. N., Yuliani, H., & Nasir, M. (2023). Meta Analisis: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Flipbook Terhadap Hasil Belajar Fisika. Kappa Journal, 7(2), 241–250. https://doi.org/10.29408/kpj.v7i2.19276

Adiputra, D. K. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 1(1), 22–35.

Aritonang, S., Hasibuan, I. S., & Nasirsah. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 19–27.

Brotosiswoyo, B. S. (2001). Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembelajaran Matematika di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pusat Antar Universitas Departemen Pendidikan Nasional.

Damarwulan, R. A. (2020). Hubungan Pelaksanaan Praktikum dan Keterampilan Generik Sains terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(1).

Daun, N. S., Helmi, & Haris, A. (2020). Diagnosis Kesulitan Belajar Fisika Peserta Didik di SMA Negeri Bontomarannu. Prosiding Seminar Nasional PPs UNM, 2, 37–40.

Dinawati, N. C., Safitri, N., Yuliani, H., & Azizah, N. (2022). Pelaksanaan Praktikum Fisika Kelas X di SMK Muhammadiyah Palangka Raya. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 130–141. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.1936

Fitriani, F., Cantika, L., & Lolita, N. (2021). Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Materi Fisika SMA Besaran, Satuan, dan Pengukuran di MAN 2 Kota Jambi. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 81. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.725

Fuadina, Z. N., Supeno, S., Ahmad, N., & Sugihartoko. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Diagram Berpikir Multidimensi Dalam Pembelajaran Ipa Terhadap Literasi Sains Siswa Di SMP. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 102–110.

Hakim, L. (2023). Kontribusi Pengembangan Teknologi di Era Pendidikan Abad 21. https://ppg.kemdikbud.go.id/news/kontribusi-pengembangan-teknologi-di-era-pendidikan-abad-21

Hanson, D. M. (2005). Designing Process-Oriented Guided-Inquiry Activities. Pacific Crest.

Ika, Y. E. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Sma. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 1–5.

Ika, Y. E., Madlazim, & Ibrahim, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Software Visual Analyzer (VA) Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1). http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/130

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kaleka, M., & Elly, H. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Bebas Terhadap Prestasi Belajar Dan Karakter Siswa Kelas IX. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 50–55.

Kuhlthau, C. C. (2007). Guided Inquiry: School Libraries in the 21st Century. Libraries Unlimited, 1–8. https://doi.org/10.29173/slw6797

Manisa, & Sani, R. A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 41–46.

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Nasir, M. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Guided Inquiry Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berargumentasi. UNS (Sebelas Maret University).

Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Mediakom.

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. CV. Wade Group.

Putra, D. S., & Wiza, O. H. (2019). Analisis Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. UNNES Physics Education Journal.

Rahmawati, A. S., Hamidah, I., & Samsudin, A. (2023). Pengembangan Modul Ajar Pada Perkuliahan Thermodinamika Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Thermodinamika. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 466–471.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.

Rumansara, T. H., Widyaningsih, S. W., Yenusi, K. A., Fisika, J. P., Papua, U., Belajar, H., Masalah, P. B., & Phet, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Fisika Di Smas Advent Manokwari. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 1–10.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Selo Gu, M. K., Kaleka, M. B. U., & Ika, Y. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VII Semester II Smp Negeri 7 Nangapanda Tahun Pelajaran 2018/2019. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 1–9. https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.327

Stiadi, D., & Rifani, A. (2018). Aplikasi Komputer Statistik dengan SPSS untuk Penelitian Ekonomi dan Bisnis. PT. RajaGrafindo Persada.

Wangga, Y., Nasar, A., & Liu, A. N. A. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Ende Tahun Pelajaran 2017/2018. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 2726–2729. https://www.minsal.cl/wp-content/uploads/2019/01/2019.01.23_PLAN-NACIONAL-DE-CANCER_web.pdf

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Adawiyah, R. N., Nasir, M., & Azizah, N. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PhET INTERACTIVE SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 275-285. https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4223