PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X DI SMAN 13 MAKASSAR

Authors

  • Fahrunnisa Fahrunnisa Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Yusri Handayani Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4255

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMAN 13 Makassar. Metode penelitian yang diterapkan adalah Quasi Experimental dengan desain pretest-posttest dua kelompok, di mana satu kelompok bertindak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok lainnya sebagai kelompok kontrol. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Makassar dengan teknik Purposive Sampling dengan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar  fisika siswa berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa rata-rata nilai pretest di kelas eksperimen adalah 15,69, sedangkan di kelas kontrol adalah 14,43. Setelah pembelajaran, rata-rata nilai posttest di kelas eksperimen meningkat menjadi 20,80, sementara rata-rata nilai posttest di kelas kontrol lebih rendah, yaitu 18,09. Berdasarkan analisis data menggunakan uji N-Gain diperoleh peningkatan 0,5396 pada kelas eksperimen dengan kriteria sedang dan nilai N-Gain pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 0,3462 dikategorikan rendah. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri 13 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Projek Based Learning, Hasil Belajar Fisika, Usaha dan Energi

References

Amsikan, A. (2022). Application of Project Based Learning Model to Increase Students Physics Learning Outcomes and Science Process Skills. Paedagogia, 25(1), 1–14. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v25i1.58989

Anggiehlia, A., Misdalina, & Nuranisa. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas XI IPS Di SMA N 1 Talang Ubi Kab. PALU. HARMONY, 4(1), 33–38

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303.

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201–212. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187

Hanim, N., Maison, & Kurniawan, D. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Fisika. Prosiding Seminar Nasional Batch 1, 152–157. https://repository.unej.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/102743/Cendy Eka Erlinawati - 160210102103.pdf?sequence=1

Hutapea, J., & Simanjuntak, M. P. (2017). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 5(1), 48–55.

Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, W. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 142–146. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1309

Lidi, M. W., & Daud, M. H. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 183–190.

Markula, A., & Aksela, M. (2022). The key characteristics of project-based learning: how teachers implement projects in K-12 science education. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 4(2). https://doi.org/10.1186/s43031-021-00042-x

Novita, N., Ulfa, R., Ginting, F. W., Zahara, S. R., & Muliani. (2024). Pengembangan Modul Getaran Harmonis Berbasis PjBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 176–186.

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Pramesti, D., Probosari, R. M., & Indriyanti, N. Y. (2022). Effectiveness of Project Based Learning Low Carbon STEM and Discovery Learning to Improve Creative Thinking Skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 444–456. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i3.156

Purba, A. A., Sitanggang, A. Y. S., Panjaitan, J., & Tampubolon, R. (2023). Penerapan Project Based Learning (PjBL) Berbantu Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Swasta Pamasta Tanjung Morawa 2022. Jurnal Penelitian Fisikawan, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.46930/jurnalpenelitianfisikawan.v6i1.2691

Rukmi, I. P., & Perdana, R. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika (JPIF), 3(1), 192–201. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v3i1.2376

Siahaan, S. F., Simanullang, A. F., & Siahaan, F. E. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(3), 185–194. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4980

Sitompul, N., Sihombing, S. A. A. S., & Manurung, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 8(2), 64–69. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/9122/8268

Sudiatmika, I. K. (2020). Penerapan model pembelajaran project based learning dengan pendekatan Stem dalam upaya meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas X RPl 1 SMKN 1 Negara tahun Pelajaran 2019/2020. Widyadari, 21(1), 34–44. https://doi.org/10.5281/zenodo.3742505

Tanjung, R., Dalimunthe, E. M., Ramadhini, F., & Sari, D. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan pada Pembelajaran IPS Kelas IV B MI Panyabungan. ITTIHAD, 5(1), 93–97.

Wahyudi, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Statis Dan Listrik Dinamis. Journal of Education Action Research, 5(1), 57–66. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31997

Widiastuti, D. A. (2021). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pelajaran IPS SMPN 4 Pangalengan. Jurnal Pelita Bumi Pertiwi, 2(2), 55–69.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Fahrunnisa, F., & Handayani, Y. . (2024). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X DI SMAN 13 MAKASSAR . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 258-265. https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4255